Parlin and Muhammad, Badiran (2013) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SOSIOLOGI MELALUI PENERAPAN STRATEGI PENGORGANISASIAN PETA KONSEP (CONCEPT MAPPING. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 79-92. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (805kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (215kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (680kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Sosiologi peserta didik melalui penerapan strategi pengorganisasian peta konsep (concept mapping). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu: observasi kelas, wawancara, penyebaran angket, evaluasi formatif, dan diskusi dengan guru mitra (kolaborator). Hasil tindakan siklus I menunjukkan 67% atau 22 dari 33 peserta didik telah menunjukkan peningkatan hasil belajar dengan mencapai nilai KKM (≥ 70), dan di siklus II meningkat signifikan menjadi 91% atau 30 dari 33 peserta didik telah mencapai nilai KKM (≥ 70). Hasil simpulan tersebut diperkuat dengan hasil angket pendapat peserta didik tentang pembelajaran dengan peta konsep yang menunjukkan di siklus I terdapat 14 dari 33 peserta didik atau 42,5% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep cukup membantu dalam belajar Sosiologi dan 11 dari 33 peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep baik dalam membantu belajar Sosiologi. Sedangkan di siklus II terdapat 16 dari 33 peserta didik atau 48,5% peserta didik menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep baik dalam membantu belajar Sosiologi dan 5 dari 33 peserta didik atau 15,2% menyatakan bahwa pembelajaran dengan peta konsep sangat baik dalam belajar Sosiologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Hasil Belajar Sosiologi; Strategi Pengorganisasian Peta Konsep |
Subjects: | H Social Sciences > HM Sociology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 03:04 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/971 |