Liyusri and Situmorang, Julaga (2013) STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR GEOGRAFI. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (1). pp. 64-78. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (805kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (215kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (553kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) hasil belajar Geografi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran ekspositori (SPE), (2) perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar siswa terhadap hasil belajar Geografi siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Ilmu Sosial SMA Negeri 1 Pinangsori. Pengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x3. Teknik analisa data yang digunakan teknik ANAVA dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar Geografi siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran berbasis masalah (SPBM) lebih tinggi dibandingkan yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori (SPE); (2) Terdapat perbedaan hasil belajar Geografi siswa yang memiliki gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik; (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar mempengaruhi hasil belajar Geografi siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah dan Ekspositori; Gaya Belajar Visual; Auditorial; Kinestetik; Hasil Belajar Gografi |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) L Education > L Education (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 02:56 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/970 |