Nababan, Joni Tohap Maruli (2013) IDENTIFIKASI BAKAT OLAHRAGA SISWA KELAS VII SMP N 12 BINJAI TAHUN AJARAN S012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
6113112103 COVER.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
6113112103 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6113112103 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6113112103 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6113112103 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6113112103 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6113112103 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6113112103 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6113112103 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (497kB) | Preview
6113112103 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
6113112103 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar passing atas melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual pada siswa kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.
Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015. penelitian dilaksanakan mulai Maret sampai April 2015. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIb SMP SMP Karya Serdang Lubuk Pakam yang terdiri dari 24 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK).Yang terdiri dari siklus I Dan II. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar I (siklus I) dan tes hasil belajar II (siklus II) yang berbentuk aplikasi teknik dasar passing atas bola voli sebanyak dua kali pertemuan.
Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis: (1) dari tes hasil belajar sebelum memanfaatkan pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual (pre-test) diperoleh 9 siswa (37,50%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 15 siswa (62,50%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 64,92%. Kemudian dilakukan pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunaka media audio visual. (2) dari tes hasil belajar melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual di siklus I diperoleh 14 siswa (58,3%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 10 siswa (41,7%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 70,13%. Karena belum tercapai ketuntasan klasikal maka dilakukan kembali pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual. (3) dari tes hasil belajar II disiklus II diperoleh 21 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 3 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76,38%. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi
peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dikatakan bahwa pembelajaran melalui pendekatan saintifik dengan menggunakan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bola voli pada siswa kelas VII SMP Karya Serdang Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.010 71 Sem i |
Keywords: | Bakat;ProfilSMP |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 04:26 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9685 |