Fadheil, Muhammad (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVIS FOREHAND DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I BINTANG BAYU TP 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 6101112069 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
2. NIM. 6101112069 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 6101112069 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
4. NIM. 6101112069 PREFACE.pdf - Published Version
Download (327kB) | Preview
5. NIM. 6101112069 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
6. NIM. 6101112069 TABLES.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 6101112069 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 6101112069 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
9. NIM. 6101112069 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
13. NIM. 6101112069 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
14. NIM. 6101112069 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis forehand dalam permainan bulutangkis dengan menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe (TGT) pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bintang Bayu Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka digunakan nilai hasil tes belajar sebelum menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) (pre-test) lalu dilakukan pembelajaran siklus I dan siklus II untuk mendapatkan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan, sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis: Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) (pre-test) diperoleh 5 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (13,88%), sedangkan 31 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (86,11%) dengan nilai rata-rata 59,71. Kemudian dilkukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT). Dari tes hasil belajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) disiklus I makan diperoleh hasil 23 siswa mencapai ketuntasan (63,88%), sedangkan 13 siswa belum mencapai ketuntasan (36,11%) dengan nilai rata-rata siswa 77,54. Maka peneliti kemudian melakukan kembali pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT). Dari hasil belajar pada siklus II diperoleh hasil 31 siswa mencapai ketuntasan (86,11%), dan 5 siswa yang tidak tuntas (13,88%) dengan nilai rata-rata siswa 82,17.
Dalam hal ini dapat dilihat bahwa hasil analisis data dikatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi servis forehand dalam permainan bulutangkis pada kelas VIII SMP Negeri 1 Bintang Bayu, Kabupaten Serdang Bedagai T.A 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.345 071 2 |
Keywords: | Pendidikan jasmani;Hasil belajar; Permainan Bulutangkis; Sevis; Model Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 07:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9661 |