Tambunan, Hamonangan (2013) IMPLEMENTASI CONTEXTUAL TEACHING-LEARNING MELALUI RISET MINI DALAM PERKULIAHAN PENELITIAN PENGAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO MEMBANGUN PROPOSAL PENELITIAN. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6 (2). pp. 149-155. ISSN 1979-6692
Cover.jpg
Download (795kB) | Preview
Redaction.pdf
Download (130kB) | Preview
TableOfContents.pdf
Download (216kB) | Preview
FullText.pdf - Published Version
Download (476kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan melalui penelitian tindakan kelas dengan melibatkan subjek sebanyak 39 orang mahasiswa jurusan Pendidikan Tenik Elektro Fakultas Teknik Unimed, menyangkut permasalahahan implementasi contextual teaching-learning melalui riset mini dalam perkuliahan metode penelitian pengajaran. Masalahnya adalah apakah implementasi kontekstual teaching learning melalui riset mini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membangun proposal penelitian?. Penelitian dilakukan dalam 5 siklus dengan target capaian yaitu 85% mahasiswa mencapai skor ≥ 80. Hasil yang diperoleh yaitu ada peningkatan dari siklus ke siklus berikutnya, yaitu pada siklus I ada 12 orang mahasiswa (30,76%) mencapai target; pada siklus II ada 19 orang mahasiswa (48,71%) mencapai target; Pada siklus III ada 24 orang mahasiswa (61,53%) mencapai target; Pada siklus IV terdapat sejumlah 28 orang mahasiswa (71,79%) yang mencapai target; dan pada siklus V terdapat 34 orang mahasiswa (87,17%) sudah mencapai target. Berdasarkan temuan penelitian disimpulkan bahwa implementasi contextual teaching learning melalui riset mini dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa dalam membangun proposal penelitian.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Implementasi Kontekstual Teaching Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Aris Hadiana |
Date Deposited: | 28 Mar 2016 02:18 |
Last Modified: | 28 Mar 2016 04:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/966 |