Parinduri, Ilham Pauzi (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENGHENTIKAN BOLA DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 MERBAU TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103111038 COVER.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
6103111038 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
6103111038 PREFACE.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
6103111038 ABSTRAC T.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6103111038 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6103111038 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103111038 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103111038 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (588kB) | Preview
6103111038 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6103111038 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan hasil belajar menghentikan bola dengan menggunakan penerapan gaya mengajar Team Games Tournament (TGT) pada siswa kelas VII SMP N 2 Merbau tahun ajaran 2014/2015. Waktu penelitian dilaksanakan pada bulan maret 2015. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dengan julah siswa 40 orang yang terdiri dari 16 orang siswa laki-laki dan 24 orang siswa perempuan yang akan diberikan tindakan berupa penerapan gaya mengajar Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar menhentikan bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Reseach). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar menghentikan bola khususnya kemampuan menghentikan bola dengan telapak kaki. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortopolio penilaian hasil beajar menghentikan bola.Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I setelah tes hasil belajar I dapat dilihat bahwa kemampuan awal siswa dalam melakukan teknik menghentikan bola masih rendah. Dari 40 orang siswa terdapat 26 orang (65%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang (35%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 60,97. Sedangkan pada siklus II dapat dilihat bahwa kemampuan siswa dalam melakukan tes hasil belajar secara klasikal sudah meningkat. Dari 40 orang siswa terdapat 36 orang (90%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 4 orang (10%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah 80,16. Berdasarkan hal itu maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran melalui Penerapan Gaya mengajar Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar menghentikan bola pada siswa kelas VII SMPN 2 Merbau tahunajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Par u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Menghentikan Bola; Gaya Mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 07:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9638 |