Fadilla, Yuliani (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LEMPAR CAKRAM DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI PADA SISWA KELAS VIII MTS NEGERI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103111093 COVER.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
6103111093 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (277kB) | Preview
6103111093 PREFACE.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
6103111093 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6103111093 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6103111093 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6103111093 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6103111093 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
6103111093 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
6103111093 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar lempar cakram dengan menggunakan media modifikasi pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-8 MTs Negeri 2 Medan yang berjumlah 40 orang, yang diberikan tindakan berupa pengajaran lempar cakram gaya menyamping dengan media yang dimodifikasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar lempar cakram diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian berupa portofolio, penelitian ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul dilakukan analisis, maka diperoleh hasil analisisnya : dengan diberikan penerapan melalui media modifikasi maka diperoleh tes hasil belajar pada siklus I sebanyak 29 orang siswa yaitu 72,5% telah mencapai tingkat ketuntasan belajar dan 11 orang siswa yaitu 27,5% belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 68,59 (tidak tuntas). Namun pada siklus I belum dapat memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal seperti yang diharapkan yaitu 85%. Maka dilakukanlah tes hasil belajar siklus II dengan memperoleh data sebanyak 34 orang siswa yaitu 85% yang telah mencapai ketuntasan belajar dan 6 orang lainnya masih belum tuntas dengan nilai sebesar 15% dengan nilai rata-rata hasil belajar adalah 76,4 (tuntas). Dengan kata lain terdapat peningkatan klasikal siklus I 72,5% menjadi 85% pada siklus II, jumlah peningkatan kalsikal dari siklus I ke tahap siklus II sebesar 12,5 %. Berdasarkan hasil data analisis dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media modifikasi dapat meningkatkan hasil belajar lempar cakram gaya menyamping pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.435 071 Fad u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Lempar Cakram; Media Modifikasi; Kerangka Berfikir; Hipotesis |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 09:06 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9607 |