Sihombing, Surya Darma (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASI BELAJAR PASSING DENGAN SISI KAKI BAGIAN DALAM PADA PERMAINAN SEPAKBOLA MELALUI VARIASI BERMAIN PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MARBAU TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112092 COVER.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
6101112092 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6101112092 PREFACE.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6101112092 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6101112092 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (359kB) | Preview
6101112092 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6101112092 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6101112092 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
6101112092 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6101112092 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil beajar siswa setelah diajarkan melalui variasi bermain pada materi dalam permainan sepakbola di kelas XI SMA Negeri 1 Marbau. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Marbau Tahun Ajaran 2014/2015, waktu penelitian dilaksanakan bulan Januari 2015. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 30 orang yang diantaranya 19 siswa putra dan 11 siswa putri, yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui variasi bermain terhadap hasil belajar passing sepakbola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action reseach). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar akhir setiap siklus yang terbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing sepakbola khususnya kemampuan melakukan menggunakan kaki sisi bagian dalam. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortopolio penilaian hasil belajar passing sepakbola.Diketahui bahwa nilai pre-test passing dengansisi kaki bagian dalam, dapat dilihat skor rata-rata siswa dalam melakukan passing yaitu sikap persiapan 2,15 dengan jumlah 69, sikap pelaksanaan 2,13 dengan jumlah 64, sikap lanjutan 2,2 dengan jumlah 66, dan sisiwa yang mencapai ketuntasan 10 siswa (33,33%) dan 20 siswa (66,67%) yang belum mencapai ketuntasan. Pada siklus I skor rata- rata yang diperoleh siswa dalam melakukan teknik melakukan passing yaitu sikap persiapan 2,83 dengan jumlah 85, sikap pelaksanaan 2,8 dengan jumlah 84, sikap lanjutan 2,66 dengan jumlah 80, dan sisiwa yang mencapai ketuntasan 17 siswa (56,66%) dan 13 siswa (43,34%) yang belum mencapai ketuntasan. Pada siklus II skor rata- rata yang diperoleh siswa dalam melakukan teknik passing dengan sisi kaki bagian dalam yaitu sikap persiapan 3,2 dengan jumlah 96, sikap pelaksanaan 3,16 dengan jumlah 95, sikap lanjutan 3,2 dengan jumlah 96, dan sisiwa yang mencapai ketuntasan 26 siswa (86,66%) dan 4 siswa (13,34%) yang belum mencapai ketuntasan. Terlihat bahwa perlakuan siklus II sudah mengalami peningkatan yang sesuai dengan ketuntasan hasil belajar nilai rata- rata yang diperoleh telah mencapai 79,44 (tuntas) dan telah mencapai ketuntasan sesuai criteria ketuntasan klasikal sebesar 85% siswa yang telah mencapai nilai 75.Berdasarkan hasil data analisis dapat disimpulkan bahwa melalui variasi bermain memberikan pengaruh peningkatan hasil belajar passing sepak bola pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Marbau Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Sih u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Passing; Variasi Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9601 |