Azura, Rizky Ilham (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJARPASSINGPADA PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENERAPKAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AEK KUASAN KABUPATEN ASAHAN T.A 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112086.COVER.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6101112086.Lembar pengesahan.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
6101112086.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
6101112086.ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6101112086.Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6101112086.Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6101112086.Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6101112086.Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
6101112086.BAB I.pdf - Published Version
Download (484kB) | Preview
6101112086.BAB V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6101112086.DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing pada permainan sepak bola dengan menerapkan variasi pemebelajaran pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Kuasan Kabupaten Asahan T.A 2014/2015. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka digunakan nilai hasil tes belajar sebelum menerapkan variasi pembelajaran (pre-test) lalu dilakukan pembelajaran siklus I dan siklus II untuk mendapatkan hasil belajar yang memenuhi kriteria ketuntasan, sebanyak dua kali pertemuan. Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis: Nilai siswa sebelum menggunakan variasi pembelajaran (pre-test) diperoleh 5 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (13,88%), sedangkan 31 siswa belum mencapai ketuntasan belajar (86,11%) dengan nilai rata-rata 59,71. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan variasi (1. Passing dan berbalik, 2. Passing merubuhkan cone, 3. Passing melewati 2 cone). Dari tes hasil belajar menerapkan variasi disiklus I maka diperoleh hasil 24 siswa mencapai ketuntasan (66,66%), sedangkan 12 siswa belum mencapai ketuntasan (33,33%) dengan nilai rata-rata siswa 77,54, rata-rata siswa yang belum tuntas dikarenakan (1) Siswa kurang serius dalam melakukanpassing pada permainan sepak bola, (2) Kesalahan pada saat melakukan passing dan pada saat sikap lanjutan, (3) Siswa masih kurang memahami tentang variasi pembelajaran, sehingga pada saat pelaksanaan siswa masih ada yang bingung.Maka peneliti kemudian melakukan kembali pembelajaran dengan menerapkan variasi pembelajaran (1. Passing merubuhkan cone, 3. Passing melewati 2 cone). Dari hasil belajar pada siklus II diperoleh hasil 31 siswa mencapai ketuntasan (86,11%), dan 5 siswa yang tidak tuntas (13,88%) dengan nilai rata-rata siswa 82,17. Siswa yang tuntas sudah memahami bagaimana cara melakukan tehnik passing yang baik dan benar, mulai dari sikap awal, sikap perlaksanaan, dan sikap lanjutan, dan 5 orang yang belum mencapai ketuntasan dalam belajar, dimana seluruhnya adalah siswi perempuan, mereka sudah paham tentang variasi pembelajaran, namun mereka kurang serius dalam melakukan passing pada saat pembelajaran dan test.Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 19,45% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 4,63. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa hasil analisis data dikatakan bahwa melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada maeri passingdalam permainan sepak bola pada kelas VIII SMP Negeri 1 Aek Kuasan Kabupaten Asahan T.A 2014/2015
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Azu u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Passing; Variasi Pembelajaran; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 06:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9600 |