Purba, Jefri Ben (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SHOOTING BOLA BASKET MELALUI MEDIA MODIFIKASI BOLA DENGAN TUTOR SEBAYA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 5 PEMATANG SIANTAR TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311119 COVER.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6103311119 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (333kB) | Preview
6103311119 PREFACE.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
6103311119 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
6103311119 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
6103311119 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6103311119 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6103311119 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
6103311119 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
6103311119 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil belajar shooting dalam permainan bola basket melalui penerapan media modifikasi bola dengan metode tutor sebaya pada siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 5 SMA Negeri 5 Pematang siantar yang berjumlah 32 orang siswa, terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 18 orang siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Setelah data terkumpul maka dilakukan analisis : (1) Tes hasil belajar sebelum menggunakan metode tutor sebaya (pre test) diperoleh 4 siswa (12,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 28 siswa (87,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 53,75. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan metode tutor sebaya (2) dari tes hasil belajar menggunakan metode tutor sebaya I diperoleh 13 siswa (40,63%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, 19 siswa (59,37%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata 63,54. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran dengan metode tutor sebaya (3) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh 28 siswa (87,5%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, 4 siswa (12,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar, dengan nilai rata-rata 76,12. Dalam hal ini dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siklus I ke siklus II yaitu sebesar 12,58 dan peningkatan klasikalnya sebesar 46,87%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan hasil tersebut maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Melalui Media Modifikasi Bola Dengan Tutor Sebaya dapat Meningkatkan Hasil Belajar shooting pada permainan bola basket pada siswa kelas XI SMA Negeri 5 Pematang Siantar Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.323 071 2 Pur u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hakikat Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9581 |