Casanova, Andy Boy (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (T.A.I.) UNTUK MEMPERBAIKI HASIL BELAJAR DRIBBLING DALAM SEPAK BOLA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 AEK KUASAN KABUPATEN ASAHAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112011 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6101112011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (312kB) | Preview
6101112011 PREFACE.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
6101112011 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
6101112011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
6101112011 TABLES.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
6101112011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
6101112011 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6101112011 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
6101112011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki hasil belajar Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Sepak Bola melalui penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (T.A.I) pada siswa/siswi kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Aek Kuasan Tahun Ajaran 2014/2015. Penelitian ini yang menjadi subjek adalah siswa/siswi kelas VIII-1 yang berjumlah sebanyak 36 siswa yang akan diberikan tindakan melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) terhadap proses belajar Dribbling dengan kaki bagian luar dalam Sepak Bola. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Setelah data terkumpul didapatkan hasil analisis : Nilai siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) (pre-test) diperoleh 6 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar (16,67%), sedangkan 30 siswa belum mencapai ketuntasan belajar ( 83,33%) dengan nilai rata-rata 57,71. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.). Dari tes hasil belajar siklus 1 diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (61,11%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 14 orang siswa (38,89%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 72,89. Dari tes hasil belajar siklus 2 diperoleh data sebanyak 31 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (86,11%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa (13,89%) masih belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 82,72. Maka kenaikan nilai klasikal ketuntasan siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 25% dengan kenaikan nilai rata-rata mencapai 9,83.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (T.A.I.) dapat meningkatkan proses hasil Teknik Dribbling dengan Kaki Bagian Luar dalam Permainan Sepak Bola pada siswa/siswi kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Aek Kuasan Kabupaten Asahan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Cas p |
Keywords: | Pendidikan JAsmani; Permainan Sepak Bola; Dribbling; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Kooperatif; TAI |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 05:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9571 |