Ompusunggu, Doddy Morris (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE TEAM GAMES TURNAMEN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 LIMA PULUH TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6103311065 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6103311065 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6103311065 PRFACE.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6103311065 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
6103311065 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6103311065 TABLES.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
6103311065 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6103311065 DAFTAR APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6103311065 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (417kB) | Preview
6103311065 BAB V.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6103311065 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diajarkan melalui penerapan model pembelajaran coperative learning tipe team games turnamen dalam upaya meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2014/2015, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Desember 2014. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII dengan jumlah siswa 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran coperative learning tipe team games turnamen terhadap hasil belajar passing bawah bola voli. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas ( classroom action reseach). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar passing bawah bola voli. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar passing bawah bola voli.Dari 32 orang siswa dalam penelitian ini, ternyata hanya 10 orang siswa ( 31,25 %) yang sudah memiliki ketuntasan belajar passing bawah bola voli, sedangkan selebihnya yaitu 22 orang siswa ( 68.75 %) belum memiliki ketuntasan belajar passing bawah bola voli. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 67,18 ( Tidak Tuntas ). Hasil tes siklus I, dari 32 orang siswa telah ada 18 orang ( 56,25 % ) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 14 orang siswa ( 43,75 %) belum memilki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 73,96 ( Tidak Tuntas ). Hasil tes siklus II, dari 32 orang siswa, ternyata sudah 28 orang siswa ( 87,50 %) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang ( 12,50 %) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang di peroleh telah mencapai 76,81 ( Tuntas ). Berdasarkan hasil data analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran coperative learning tipe team games turnamen memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Lima Puluh Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Omp |
Keywords: | Model Pembelajaran; Permainan Bola Volli; Persiapan; Pelaksanaan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 04:03 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9541 |