Purba, Ebenezer P (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JANGKIT MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS X-7 SMA NEGERI 1 PEMATANGSIANTAR TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609112016 COVER.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
609112016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
609112016 PREFAC.pdf - Published Version
Download (283kB) | Preview
609112016 ABSTRAC.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
609112016 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
609112016 TABLES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
609112016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
609112016 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (582kB) | Preview
609112016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
609112016 BIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (340kB) | Preview
609112016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan hasil belajar lompat jangkit melalui pendekatan bermain pada siswa kelas X-7 SMA Negeri Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014.Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014, waktu penelitian pada bulan Maret 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Pematangsiatar Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 orang dan terdiri dari 10 orang siswa putra dan 22 orang siswa putri. Sedangkan Objek dalam penelitian ini adalah pendekatan bermain seperti: permainan memindahkan kardus, langkah memantul dan permainan lompat jauh. Jenis dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah lembar portofolio penilaian hasil belajar lompat jangkit.Hasil penelitian dari 32 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 8 orang siswa (25%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, sedangkan selebihnya yaitu 24 orang siswa (75%) belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 55,62 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 32 orang siswa telah ada 20 orang siswa (62,5%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 12 orang siswa (37,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 64,84 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 32 orang siswa telah ada 28 orang siswa (87,5%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 4 orang siswa (12,5%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 71,56 (Tuntas).Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar lompat jangkit pada siswa kelas X-7 SMA Negeri 1 Pematangsiantar Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 2 pur u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Belajar; Hasil Belajar; Atletik; Lompat Jangkrik; Pendekatan Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV750 Air sports: Airplane flying, kiteflying, bungee jumping, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9530 |