UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI KELAS VIII SMP NEGERI 43 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015.

Vhonna, Loveyana Dara (2014) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI KELAS VIII SMP NEGERI 43 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 6101112058 COVER.pdf]
Preview
Text
6101112058 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 APPROVAL.pdf]
Preview
Text
6101112058 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 PREFACE.pdf]
Preview
Text
6101112058 PREFACE.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
6101112058 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
6101112058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 TABLES.pdf]
Preview
Text
6101112058 TABLES.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6101112058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
6101112058 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
6101112058 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 6101112058 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
6101112058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (51kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Meroda Dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Pendekatan Bermain di Kelas VIII SMP NEGERI 43 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar, berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan didalam kelas secara bersamaan. Penelitian ini dilaksanakan di ssekolah SMP Negeri 43 Medan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus berbentuk penilaian teknik meroda dalam pembelajaran senam lantai. Dengan pelaksanaan tes hasil belajar ini di laksanakan selama dua minggu. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 13 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan (54,2%) tealh mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (45,8%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah di konfersikan adalah 7,66. Namun belum memenuhi ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai yang sudah dikonfersikan sebesar (91,66%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 2 orang siswa (8,33%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 9,25. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar meroda dalam pembelajaran senam lantai di kelas VIII SMP Negeri 43 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 796.440 71 Vho u
Keywords: Pendidikan Jasmani; Belajar; Olahraga Senam Lantai; Meroda; Pendekatan Bermain
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Mrs Silfayani Siregar
Date Deposited: 09 Aug 2016 09:57
Last Modified: 29 Aug 2016 03:46
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9526

Actions (login required)

View Item
View Item