Vhonna, Loveyana Dara (2014) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MERODA DALAM PEMBELAJARAN SENAM LANTAI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN DI KELAS VIII SMP NEGERI 43 MEDAN TAHUN AJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.
6101112058 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6101112058 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
6101112058 PREFACE.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
6101112058 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6101112058 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
6101112058 TABLES.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
6101112058 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
6101112058 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (370kB) | Preview
6101112058 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
6101112058 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil Belajar Meroda Dalam Pembelajaran Senam Lantai Melalui Pendekatan Bermain di Kelas VIII SMP NEGERI 43 Medan Tahun Ajaran 2014/2015. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research). Penelitian tindakan kelas merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar, berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan didalam kelas secara bersamaan. Penelitian ini dilaksanakan di ssekolah SMP Negeri 43 Medan tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 24 orang. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus berbentuk penilaian teknik meroda dalam pembelajaran senam lantai. Dengan pelaksanaan tes hasil belajar ini di laksanakan selama dua minggu. Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 13 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan (54,2%) tealh mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 11 orang siswa (45,8%) belum mencapai ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah di konfersikan adalah 7,66. Namun belum memenuhi ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh sebanyak 22 orang siswa dengan nilai yang sudah dikonfersikan sebesar (91,66%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 2 orang siswa (8,33%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah 9,25. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan bermain dapat meningkatkan hasil belajar meroda dalam pembelajaran senam lantai di kelas VIII SMP Negeri 43 Medan Tahun Ajaran 2014/2015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.440 71 Vho u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Belajar; Olahraga Senam Lantai; Meroda; Pendekatan Bermain |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 03:46 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9526 |