PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BIREUEN

Setiawati, Diah and Syahputra, Edi and Rajagukguk, W. R. (2013) PERBEDAAN PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA ANTARA PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 BIREUEN. Jurnal Paradikma, 6 (1). pp. 1-13.

[thumbnail of KataPengantar.pdf]
Preview
Text
KataPengantar.pdf

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa antara pendekatan contextual teaching and learning.pdf]
Preview
Text
Perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematik siswa antara pendekatan contextual teaching and learning.pdf

Download (370kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan antara masalah upgrade kemampuan siswa menerima pendekatan belajar melalui Contextual Teaching and Learning, (2) perbedaan upgrade antara kemampuan komunikasi matematika, (3) Interaksi pendekatan pembelajaran pemecahan dan awal kemampuan matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, (4) interaksi antara pendekatan pembelajaran dan keterampilan matematika awal siswa, (5) menggambarkan proses penyelesaian jawaban dari siswa dalam memecahkan masalah, (6) menggambarkan proses penyelesaian jawaban oleh siswa dalam memecahkan masalah . Penelitian ini adalah penelitian semi- eksperimental dengan dua garis ANOVA analisis dan t -test . Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan peningkatan antara siswa kemampuan memecahkan masalah yang siswa memperoleh pembelajaran pendekatan CTL, (2) terdapat perbedaan siswa matematika peningkatan keterampilan komunikasi antara siswa yang menerima pembelajaran pendekatan CTL, (3) tidak ada interaksi antara pendekatan pengajaran yang digunakan dan kemampuan matematika awal siswa, (4) tidak ada interaksi antara pengajaran pendekatan yang digunakan dan kemampuan matematika awal siswa, (5) proses resolusi jawaban mendapatkan siswa belajar pendekatan Contextual Teaching dan Learning lebih baik dari jawaban siswa yang mendapatkan resolusi dalam pembelajaran konvensional, (6) jawaban proses penyelesaian siswa dalam menyelesaikan pemecahan masalah dan komunikasi matematika dalam pembelajaran konvensional lebih rendah dari respon CTL proses resolusi siswa dalam belajar

Item Type: Article
Keywords: Contextual Teachinn and Learning; Penyelesaian Masalah Matematika; Komunikasi Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Aris Hadiana
Date Deposited: 24 Mar 2016 04:04
Last Modified: 24 Mar 2016 04:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/951

Actions (login required)

View Item
View Item