Bintang, Salman and Mustaman (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS WORKSHOP MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI MENGGULUNG ULANG (REWINDING) MOTOR LISTRIK PADA MATA KULIAH MESIN LISTRIK DI JPTE FT UNIMED. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (02). pp. 58-65. ISSN 0854-7468
Cover.pdf - Published Version
Download (288kB) | Preview
Foreword.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
Full Text.pdf - Published Version
Download (357kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian adalah (a) Pengembangan model pembelajaran berbasis workshop dengan menggunakan CD pembelajaran (software Microsoft Macromedia flash) dalam upaya meningkatkan kompetensi menggulung ulang (rewinding) motor listrik mahasiswa JPTE FT Unimed, (b) Pengembangan bahan ajar menggulung ulang (rewinding) motor listrik.. Subyek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah seluruh mahasiswa reguler Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Fakultas Teknik UNIMED yang sedang mengikuti mata kuliah Mesin Listrik Arus Bolak Balik (Semester Gasal 2012-2013) berjumlah 49 orang. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang merupakan penelitian partisipan dimana peneliti terlibat secara langsung dalam penelitian dari proses awal sampai akhir kegiatan penelitian yang dilakukan di dalam kelas. Secara umum hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dan pemahaman mahasiswa dalam proses pembelajaran yang sedang berjalan. Hal ini menyebabkan adanya perubahan motivasi di dalam diri mahasiswa sehingga berpengaruh baik pada aktivitas belajar maupun hasil belajar mahasiswa. Upaya dosen dalam menerapkan pembelajaran membongkar dan menggulung motor listrik pada mata kuliah mesin listrik.menunjukkan bahwa persepsi dan pola pikir mahasiswa mengalami perubahan kearah yang lebih baik, hal ini dapat dilihat pada kemajuan yang diperoleh baik pada siklus I, II dan IIIImplementasi pembelajaran mesin listrik arus bolak balik dengan strategi pembelajaran berbasis workshop dengan menggunakan CD pembelajaran (software Microsoft Macromedia flash, hasil kerja mahasiswa pada mata kuliah Mesin listrik arus bolak balik pada seluruh materi ajar. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 73,86 % dan 80,24 % pada hasil pos tesnya. Penerapan strategi model pembelajaran berbasis workshop dalam materi mesin listrik juga mampu meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Motor Listrik; Penelitian Tindakan Kelas; Arus Bolak Balik |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 04:34 |
Last Modified: | 05 Apr 2016 04:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/947 |