Afandi, Mhd. Fazar (2015) PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING DENGAN MEDIA MODIFIKASI BOLA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 TEBING TINGGI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
6102112015 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6102112015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
6102112015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
6102112015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
6102112015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
6102112015 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6102112015 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
6102112015 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
6102112015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (577kB) | Preview
6102112015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (232kB) | Preview
6102112015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui gaya mengajar penemuaan terbimbing dengan modifikasi bola pada kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014. Metode penelitian bersifat penelitian tindakan kelas dan subjek penelitian adalah kelas VIII 3 yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar penilaian proses passing bawah dalam permainan bola voli. Pada data awal (sebelum siklus) diperoleh nilai rata-rata siswa yang belum tuntas adalah sebesar 73,52% dimana dari 34 orang siswa terdapat 9 siswa yang telah tuntas atau mendapatkan nilai di atas batas ketentuan minimal. Hal ini berarti hanya 26,47% siswa yang mencapai ketuntasan secara klasikal dari keseluruhan jumlah siswa. Untuk itu peneliti merasa perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran. Hal ini diwujudkan penulis dengan menggunakan gaya mengajar penemuan terbimbing dengan media modifikasi bola untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah siswa dalam permainan bola voli. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes siklus I yang berbentuk teknik dasar passing bawah dalam permainan bola voli. Setelah siklus I dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 34 orang siswa terdapat 19 siswa telah tuntas yaitu sebesar 55,88% dengan nilai rata-rata 69,56. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥80%) belum tercapai, Untuk itu peneliti masih merasa perlu melakukan beberapa perbaikan dalam pembelajaran, dan peneliti melanjutkan penelitiannya dengan dilakukan tes siklus II sebanyak dua kali pertemuan yang sama perlakuannya di siklus I. Setelah siklus II dilaksanakan maka diperoleh peningkatan hasil belajar siswa dimana dari 34 orang siswa terdapat 29 siswa telah tuntas yaitu sebesar 85,29% dengan nilai rata-rata 75,67. Ini berarti ketuntasan belajar secara klasikal (≥80%) telah tercapai.Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan gaya mengajar penemuan terbimbing dengan media modifikasi bola untuk meningkatkan hasil belajar passing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Tebing Tinggi Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Afa p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil belajar; Passing bawah; Gaya mengajar; Penemuan terbimbing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 29 Aug 2016 02:20 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9462 |