Ismail (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TURNAMEN (TGT) PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA TANJUNG BALAI TA 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266120057 COVER.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
071266120057 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (304kB) | Preview
071266120057 PREFACE.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
071266120057 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071266120057 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
071266120057 TABLES.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071266120057 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
071266120057 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
071266120057 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
071266120057 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
071266120057 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Turnamen (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggiring bola pada permainan Sepak bola di Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tanjung Balai TA 2013/2014.Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan dengan menggunakan Total Sampling yaitu pada siswa kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tanjung Balai TA 2013/2014 dengan jumlah sampel 40 orang siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka dilakukan tes hasil belajar pada awal kemampuan menggiring bola, lalu dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif Team Game Tournament (TGT) yang dilakukan tes hasil belajar I dan tes hasil belajar II yang berbentuk aplikasi teknik dasar menggiring bola sebanyak dua kali pertemuan.Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa dari 40 orang siswa pada awal tindakan sebanyak 10 orang siswa (25%) yang memiliki kentuntasan belajar, sedangkan sebanyak 30 orang siswa (75%) belum memiliki ketuntasan belajar dengan nilai persentase ketuntasan klasikal (KKM) rata-rata kelas sebesar 56,26. Pada siklus I sebanyak 28 orang siswa (70%) yang mendapat nilai tuntas dan sebanyak 12 orang siswa (30%) belum mendapat nilai ketuntasan dengan nilai Persentase Ketuntasan Klasikal (KKM) rata-rata kelas sebesar 69,08. Pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 37 orang siswa (92,5%) yang mendapat nilai tuntas dan sebanyak 3 orang siswa (7,5%) belum mendapat nilai ketuntasan belajar dengan nilai Persentase Ketuntasan Klasikal (KKM) rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 76,7. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan model pembelajaran Team Games Turnamen (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menggiring bola pada permainan sepak bola di Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Tanjung Balai TA 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Ism u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Hasil Belajar; Model Pembelajaran; Team Game Tournament; Sepak Bola |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 25 Aug 2016 03:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9399 |