Ginting, R.U (2013) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN BAHAN AJAR DAN BELAJAR MANDIRI DALAM RANGKA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TERMODINAMIKA DASAR. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (01). pp. 1-7. ISSN 0854-7468
Cover, Table Of Content.pdf - Published Version
Download (451kB) | Preview
Full Text.pdf - Published Version
Download (195kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Termodinamika Dasar Mahasiswa Program Studi Teknik Mesin D3,melalui penggunaan bahan ajar dan belajar mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan yang tujuan utamanya adalah tercapainya efektifitas pembelajaran Termodinamika Dasar melalui penggunaan bahan ajar. Subjek penelitian adalah mahasiswa program Study Teknik Mesin D3 yang mengikuti perkuliahan Termodinamika Dasar semester genap tahun akademik 2006/2007, dengan jumlah 30 orang. Penelitian ini memuat 4 tahap kegiatan yaitu meliputi : (1) Perencanaan,( 2) Pelaksanaan, (3) Observasi,dan 4) Refleksi. Berdasarkan data penelitian dapat dideskripsikan sebagai berikut : (1) Pada siklus pertama, hasil belajar Termodinamika Dasar dari 30 orang peserta = 25 orang( 83,3 %) dapat menyelesaikan pembelajaran dengan tuntas, dan = 5 orang (17%) kesimpulannya masiswa tidak dapat menyelesaikan pembelajaran dengan secara tuntas, dan (2) Pada siklus kedua, hasil belajar Termodinamika Dasar dari 30 orang, 7 orang ( 23,34%) memperoleh nilai A, 17 orang (57%) memperoleh nilai B, dan 6 orang (20%) memperoleh nilai C. Kesimpulannya pembelajaran tercapai secara tuntas. Berdasarkan kegiatan penelitian ini dapat diberi kesimpulan bahwa penggunaan bahan ajar Termodinamika Dasar dapat meningkatkan hasil belajar Termodinamika Dasar mahasiswa D-III Teknik Mesin FT-Unimed.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Efektivitas; Bahan Ajar; Belajar Mandiri; Termodinamika Dasar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Teknik |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 05 Apr 2016 02:29 |
Last Modified: | 05 Apr 2016 02:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/931 |