Tiawati, Ade (2013) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR SERVISATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS XSMA NEGERI 1 DOLOK BATU NANGGAR KAB. SIMALUNGUN TAHUN AJARAN2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609312004 COVER.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
609312004 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
609312004 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
609312004 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
609312004 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
609312004 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
609312004 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
609312004 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
609312004 BAB I.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
609312004 BAB V.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
609312004 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatkan Hasil servis atas bola voliMelalui Penerapan Variasi Pembelajaran Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1Dolok Batu Nanggar Kab Simalungun Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian iniadalah siswa kelas X3 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 38siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran servis atas bola volidengan evaluasi proses audio visual. Metode yang dipakai pada penelitian iniadalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar diakhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar dasar servis atasbola voli. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selamadua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi datadan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperolehsebanyak 19 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (50%) telahmencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 19 orang siswa (50%) belummencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelahadalah 68,24 Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yangdiharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak33 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (86,84%) yang telahmencapai ketuntasan dalam belajar dan 5 orang siswa masih belum tuntas.Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah adalah 86,24% Peningkatan nilai ratarata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 12,85%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan variasi pembelajaran dapat memberikan peningkatan terhadap proses belajar servis atas pada siswa kelas X3 SMA N 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Ajaran 2013/2014
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 2 Tia u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Sejarah bola voli; Macam - macam servis; Servis atas; Variasi pembelajaran. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 24 Aug 2016 03:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9198 |