Zulkifli STRATEGI PEMBELAJARAN SENI BUDAYA DI SEKOLAH (SENI RUPA DALAM MATERI SENI BUDAYA). -. pp. 1-10.
Table Of Content.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
Full Text.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masih banyak permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran seni budaya di sekolah, padahal kontribusi pendidikan seni budaya sangat signifikan untuk pembinaan karakter anak didik dan karakter bangsa. Pendidikan seni budaya memberi ruang untuk perkembangan multi kecerdasan anak didik secara optimal. Dalam dimensi pedagogis, pendidikan seni budaya memiliki sifat multilingual, multidimesional dan multikultural, yang dapat membangun karakter seseorang untuk mampu berkomunikasi dalam toleransi, kearifan, kesepahaman dan kebersamaan. Terkait dengan permasalahan ini, konteks makalah ini difokuskan pada penyelesaian permasalahan internal di sekolah dalam usaha memacu kemampuan guru menyajikan pelajaran seni budaya secara komprehensif dan optimal. Untuk itu, penulis menawarkan dua strategi, yaitu; 1) strategi konseptual berupa pembelajaran seni budaya terpadu (integrated learning), dan 2) strategi operasional pembelajaran seni rupa dalam keterpaduan seni budaya. Strategi operasional ini meliputi ranah pembelajaran teoritis, praktis, dan apresiatif. Secara praktik dikembangkan startegi dan pendekatan bahasa rupa untuk karya dwimatra, dan pendekatan karya terbatas-berulang untuk karya trimatra.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran; Seni Budaya; Seni Rupa; Sekolah |
Subjects: | N Fine Arts > NX Arts in general |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Apr 2016 06:30 |
Last Modified: | 08 Apr 2016 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/915 |