SEMBIRING, AGUS FERDINANTA (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PAKEM (PARTISIPATIF, AKTIF, KREATIF, EFEKTIF, DAN MENYENANGKAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DADA BOLA BASKET PADA SISWA KELAS XI SMA PENCAWAN MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
6114312002 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
6114312002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (330kB) | Preview
6114312002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
6114312002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
6114312002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (223kB) | Preview
6114312002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6114312002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
6114312002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
6114312002 BAB I.pdf - Published Version
Download (443kB) | Preview
6114312002 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
6114312002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pasing dada bola basket pada siswa kelas XI SMA Pencawan Medan dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Pencawan Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas XI SMA Pencawan Medan yang berjumlah 68 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI sebanyak 30 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindaakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran pasing dada bola basket, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar pasing dada bola basket dengan menggunakan lembar fortofolio.Dengan menggunakan model pembelajaran PAKEM dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar pasing dada bola basket siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada test awal yang dilakukan terdapat 13 orang siswa (43,3%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 68,1 Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 19 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar (63%) dengan nilai rata-rata 79,2 dan ketuntasan belajar siswa pada pos tes siklus II mencapai 26 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar (86,7%) dengan rata-rata nilai 88,1. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796 323 071 2/Sem/p |
Keywords: | PENDIDIKAN JASMANI ; PERMAINAN BOLA BASKET ;PASSING DADA ; MODEL PEMBELAJARAN PAKEM ; PEMBELAJARAN PASTISIPATY ; PEMBELAJARAN KREATIF |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 15 Aug 2016 04:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9140 |