Silaban, Best Three (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERANDALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENGUATAN UMPAN BALIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3MEDAN T.A. 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112111 COVER.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
608112111 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
608112111 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
608112111 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
608112111 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
608112111 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
608112111 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
608112111 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
608112111 BAB I.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
608112111 BAB V.pdf - Published Version
Download (88kB) | Preview
608112111 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar operandalam permainan Sepak bola melalui penguatan umpan balik menggunakan mediaaudio visual pada siswa kelas VII SMP Negeri 3 Medan Tahun 2012/2013. Darihasil data awal (pre test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuansiswa dalam melakukan operan dalam permainan sepak bola masih rendah yaitudari 36 orang siswa yang tuntas 10 orang (27,77%) dan yang tidak tuntas 26 orang(72,3%) dengan nilai rata-rata 62,61.Penelitian ini menggunakan metodePenelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menganalisis data dengan mereduksi datadan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nila rata-rata danpersentase ketuntasan belajar.Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 3 Medan pada tahun 2012/2013 yang berjumlah 36 orang,diantaranya terdiri dari 13 orang siswa putra dan 23 orang siswa putri.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar operandalam permainan sepak bola yaitu (44,44%) siswa yang tuntas dalam belajarnya,dan (45,56%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalammelakukan operan/passing dalam permainan sepak bola pada siklus I secarakeseluruhan mencapai 64%. Pada siklus II menunjukkan bahwa hasil belajarpassing dalam permainan sepak bola yaitu (86,11%) siswa yang tuntas dalambelajarnya, dan (13,89%) siswa yang tidak tuntas belajarnya dan hasil belajarsiswa secara keseluruhan dalam melakukan passing dalam permainan sepak bolapada siklus II mencapai 73,80%.Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemberian penguatan umpan balikmenggunakan media audio visual dapat memberikan konstribusi yang sangatbesar dan signifikan terhadap hasil belajar operan/passing dalam permainan sepak bola pada siswa kelasVII A SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 2 Silu |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Hasil belajar; Sepak bola; Permainan; Teknik dasar; Operan; Passing; Sisi kaki bagian dalam; Umpan balik. |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 07:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9100 |