Ginting, Emmi Anna Br (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PENUGASAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK MESIN SMK NEGERI 1 MERDEKA BERASTAGI TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
609411023 COVER.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
609411023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
609411023 PREFACE.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
609411023 ABSTRACK ID.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
609411023 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
609411023 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
609411023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
609411023 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
609411023 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
609411023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah menggunakan gaya mengajar penugasan dalam permainan bola voli pada siswa kelas XI SMK Negeri I Merdeka Tahun Ajaran 2013/2014.Penelitian adalah siswa kelas XI yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melalui penugasan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research).Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penugasaan seluruh siswa memiliki tugas yang sama hanya tingkat kesulitannya berbeda sesuai dengan kemampuan dan daya serap siswa dalam melakukan pembelajaran pada materi bola voli passing bawah, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada pokok bahasan bola voli. Dari hasil analisis data juga dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa dari tes awal dan tes hasil belajar I masih rendah. Maka perlu dilakukannya perbaikan tindakan untuk siklus II. Kesulitan yang dialami dalam melakukan siklus I adalah siswa belum menguasai teknik dalam melakukan passing bawah khususnya perkenaan bola. Disiklus II guru lebih meningkatkan dan memotivasi untuk lebih aktif dalam pengulangan tekhnik dasar bola voli passing bawah khususnya perkenaan bola.Hasil penelitai menyimpulkan : (1) Dari tes hasil belajar siklus I diproleh sebanyak 20 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (62,5%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 12 orang siswa (37,5%) belummencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan adalah70,16. (2). Dari tes hasil belajarsiklus II di proleh data sebanyak 28 orang siswa dengan nilai setelah dikonfersikan sebesar (87,5%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, sedangkan 4 orang siswa (12,5%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar setelah dikonfersikan 80,46.Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan gaya mengajar penugasaan dapat meningkatkan hasil belajar bola voli passing bawah pada kelas XI SMK Negeri I Merdeka Berastagi Tahun Ajaran 2013/2014.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 9 Gin u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Passing bola voli; Gaya mengajar; Gaya mengajar penugasan; Hasil belajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Silfayani Siregar |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 23 Aug 2016 06:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/9068 |