Sagala, Syaiful PENGEMBANGAN DAN IMPLEMENTASI KURIKULUM PENTING UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN. -. pp. 121-130.
Full Text.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
Abstract
Kurikulum sebagai program pengajaran suatu jenjang pendidikan dirancang oleh guru dengan cara mengorgani¬sasikan isi dan bahan pelajaran dalam bentuk dokumen. Mengacu pada dokumen pembelajaran yang telah dirancang oleh guru, pada prinsipnya implementasi kurikulum dalam bentuk pengalaman belajar harus lebih mudah dan efektif untuk dikomu-nikasikan ke berbagai pihak seperti pimpinan sekolah, pengawas sekolah, pelak¬sana dan staf pendukung lainnya. Sasaran utama pengembangan kurikulum adalah peserta didik, masyarakat, dan subjek yang akan diajarkan. Adapun model kurikulum berkaitan dengan rancangan pembelajaran yang dapat digunakan untuk menerjemahkan sesuatu ke dalam realitas, yang sifatnya lebih praktis. Oleh karena itu, rencana, ide-ide, atau gagasan-gagasan yang akan dituliskan ke dalam suatu dokumen kurikulum seyo¬gia¬nya berpegang pada acuan teknis kuri¬kulum sebagai rencana. Rencana dan ide ide diformulasikan dalam dokumen kurikulum yang selanjutnya diimplementasikan dalam kegiatan belajar mengajar. Proses implementasi kurikulum untuk semua bidang studi atau mata pelajaran selalu menggambarkan keterkaitan proses dengan, tujuan dan konten, kejelasan teori belajar, keterkaitan dengan sosial, budaya, teknologi, ketersediaan fasilitas dan alat, alokasi waktu, fleksibilitas, peran guru dan siswa, peran evaluasi dan feedback mechanism.
Item Type: | Article |
---|---|
Keywords: | kurikulum; kualitas; pembelajaran; implementasi kurikulum |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 01 Apr 2016 05:42 |
Last Modified: | 19 Jan 2023 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/904 |