Gultom, Tiamsa M. (2013) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLLY PADA SISWA KELAS X SMA BUDI MURNI 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310221 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
608310221 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
608310221 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
608310221 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (266kB) | Preview
608310221 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
608310221 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
608310221 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
608310221 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
608310221 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
608310221 BAB I.pdf - Published Version
Download (427kB) | Preview
608310221 BAB V.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
608310221 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar passing bawah bola volly pada siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Lokasi penelitian ini adalah di SMA Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Populasi adalah siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan yang berjumlah 232 orang. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas X-a sebanyak 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, siklus I dan II. Sebelum dilakukan tindaakan pada siklus I peneliti memberi pre test untuk mengetahui letak kesulitan pada pelajaran passing bawah bola volly, dilanjutkan dengan siklus I dan post test siklus I, siklus II dan diakhiri dengan pemberian post test siklus II dengan instrumen penelitian lembar pengamatan test hasil belajar passing bawah biola volly dengan menggunakan lembar fortofolio.Dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan kemampuan hasil belajar passing bawah bola volly siswa dari mulai tes awal hingga pada siklus II, pada test awal yang dilakukan terdapat 10 orang siswa (31,25%) yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 68,22. Ketuntasan belajar siswa pada postes siklus I mencapai 23 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 71,87% dengan nilai rata-rata 71,87. Dan ketuntasan belajar siswa pada postes siklus II mencapai 26 orang siswa yang berhasil dalam mencapai ketuntasan belajar yaitu sebesar 81,25% dengan rata-rata nilai 81,25. Jadi dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasilbelajar siswa dalam passing bawah bola volly menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples di kelas X SMA Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah bola volly pada siswa kelas X SMA Budi Murni 2 Medan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Gul p |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Bola Voly; Passing; Pembelajaran; Examplea Non |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Sep 2016 01:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8994 |