Sinuraya, Julius Ardin (2012) UPAYA PENINGKATKAN HASIL BELAJAR DRIBBING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 PANCUR BATU KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
71266120027 COVER.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
71266120027 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (358kB) | Preview
71266120027 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
71266120027 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (263kB) | Preview
71266120027 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
71266120027 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
71266120027 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
71266120027 BAB I.pdf - Published Version
Download (421kB) | Preview
71266120027 BAB V.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
71266120027 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar dribbling sepak bola pada siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013 melalui penerapan variasi pembelajaran. Subjek Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Pancur Batu Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang. Untuk menganalisis data dalam penelitian ini dan untuk mengetahui hasil dilihat dari ketuntasan siswa secara individu dan secara klasikal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan tes hasil belajar yang telah disediakan dalam bentuk portofolio, dan dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan variasi pembelajaran. Maka, diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan siklus II yang berbentuk melakukan teknik dasar dribbling dalam permainan sepak bola sebanyak dua kali pertemuan.Berdasarkan hasil tes belajar sebelum menggunakan variasi pembelajaran atau Pre test yang dilakukan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013, dari 40 siswa terdapat 10 siswa (25%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 30 siswa (75%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa 56,43. Kemudian, dilakukan pembelajaran melalui variasi pembelajaran. Dari tes hasil belajar dribbling pada permainan sepak bola melalui penerapan variasi pembelajaran di siklus I terdapat 24 siswa (60%) dari 40 siswa, yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan, 16 siswa (40%) yang belum mencapai tingkat ketuntasan belajar dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa68,52. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran melalui berbagai variasi pembelajaran di siklus II, terdapat 34 siswa (85%) dari 40 siswa yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar. Sedangkan, 6 siswa (15%) belum mencapai tingkat ketuntaan belajar dengan nilai rata-rata 75,39. Dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Dan dapat dikatakan melalui penerapan variasi pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar dribbling dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pancur Batu Kab. Deli Serdang Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.334 071 Sin u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Sepak Bola; Dribbling; Teknik; Permainan; Punggung Kaki; Bola Kaki |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 04:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8956 |