Nahombang, Azrai (2013) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR TERHADAP SERVIS FOREHAND BULU TANGKIS MELALUI EVALUASI PROSES MENGGUNAKAN AUDIOVISUAL PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 6 TANJUNGBALAI TAHUN AJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310034 COVER.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
608310034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
608310034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
608310034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
608310034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
608310034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
608310034 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
608310034 BAB I.pdf - Published Version
Download (434kB) | Preview
608310034 BAB V.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
608310034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar servis forehand melalui evaluasi proses menggunakan audio visual pada siswa kelas IX SMP Negeri 6 Tanjungbalai tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah siswa kelas IX4 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 25 siswa yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran Servis Forehand dengan evaluasi proses audio visual. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik servis forehand bulu tangkis. Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama empat minggu atau empat kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan: (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 13 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar (52%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 12 orang siswa (48%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata-rata hasil belajar scara keseluruhan adalah 67,99. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 22 orang siswa dengan nilai setelah dikonversikan sebesar (88%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 3 orang siswa (12%) masih belum tuntas. Dengan nilai rata-rata hasil belajar secara keseluruhan adalah 80,33. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa penerapan evaluasi menggunakan audio visual dapat meningkatkan terhadap proses hasil belajar servis forehand pada siswa kelas IX4 SMP N 6 Tanjungbalai Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.345 071 Nah u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Forehand; Bulu Tangkis; Audiovisual; Karakteristik; Jenis-jenis; Penggunaan; Pembelajaran; Media |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 12 Aug 2016 06:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8947 |