Safii, Muhammad (2013) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 PANYABUNGAN TAHUN AJARAN 2012 / 2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112169 COVER.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
608112169 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (148kB) | Preview
608112169 PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
608112169 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
608112169 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
608112169 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
608112169 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
608112169 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
608112169 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
608112169 BAB I.pdf - Published Version
Download (301kB) | Preview
608112169 BAB V.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
608112169 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (53kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Upaya Meningkatkan Hasil Belajar PassingBawah Bola Voli Melalui Penerapan Gaya Mengajar Penemuan Terbimbing Pada SiswaKelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan Tahun Ajaran 2012 / 2013.Subjek Penelitian iniadalah siswa kelas VIII sebanyak 30 orang yang diberikan tindakan berupa pembelajaranmenggunakan Gaya Mengajar Penemuan Terbimbing. Metode yang dipakai pada penelitianini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research).Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiapsiklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik passing bawah bola voli yang dilaksanakanselama dua minggu atau dua kali pertemuan.Analisis data dilakukan dengan reduksi data danpaparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : Pada Tes Awal dari 30 orang siswa yang menjadi sampeldalam penelitian ini, ternyata hanya 9 orang siswa (30%) yang tuntas dalampembelajaran,sedangkan selebihnya sebanyak 21 orang siswa ( 70%) belum tuntas dalampembelajaran, nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 61,38 (Tidak Tuntas).Padasiklus I dari 30 orang siswa yang menjadi sampel dalam penelitian ini ,tenyata hanya 19orang siswa ( 63,3%) yang tuntas dalam pembelajaran, sedangkan selebihnya sebanyak 11orang siswa (36,7%) belum tuntas dalam pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh hanyamencapai 68,87 (Tidak Tuntas).Pada siklus II dari 30 orang siswa yang menjadi sampeldalam penelitian ini , sudah mencapai 26 orang siswa (86,6%) yang tuntas dalampembelajaran, sedangkan selebihnya sebanyak 4 orang siswa (13,4%) belum tuntas dalampembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh hanya mencapai 76,92 (Tuntas).Berdasarkanhasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui gaya mengajar penemuan terbimbing dapatmemberikan peningkatan hasil belajar passing bawah bola voli melalui gaya mengajarpenemuan terbimbing pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan Tahun Ajaran 2012/ 2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.325 071 Saf u |
Keywords: | Pendidikan Jasmani; Gaya; Bola Voli; Passing Bawah; Pembelajaran |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 04:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8745 |