Pulungan, Ardiansyah Putra (2012) MENINGKATKAN PEMAHAMAN KESEHATAN LINGKUNGAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PETA KONSEP PADA SISWA KELAS VIII SMP YPI AMIR HAMZAH TAHUN PELAJARAN 2012-2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310025 COVER.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
608310025 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
608310025 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
608310025 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608310025 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
608310025 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
608310025 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
608310025 BAB I.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
608310025 BAB V.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
608310025 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan pemahaman materi kesehatan lingkungan setelah diterapkannya metode peta konsep pada siswa kelas VIII SMP YPI Amir Hamzah Tahun Pembelajaran 2012/2013. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan terhadap 28 siswa kelas VIII, dan pembelajaran dilakukan dua siklus. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar tes pilihan berganda. Kesimpulan penelitian ini adalah pemahaman tentang kesehatan lingkungan sebelum diterapkannya metode peta konsep pada siswa kelas VIII SMP YPI Amir Hamzah adalah cukup PPH 65,68%, namun masih di bawah ketuntasan belajar dan hanya 10 siswa (35,71%) yang tuntas belajar. Pemahaman siswa tentang kesehatan lingkungan setelah diterapkannya metode peta konsep pada siklus I adalah cukup dengan PPH 69,82% namun mengalami peningkatan dibandingkan dengan tes awal dan sebanyak 17 siswa (60,719%) yang tuntas belajar. Setelah dilakukan pembelajaran pada siklus II, nilai pemahaman kesehatan lingkungan mengalami peningkatan dengan PPH 77,36% dan 26 siswa (92,86%) tuntas belajar. Ini bermakna telah terjadi peningkatan pemahaman kesehatan lingkungan siswa setelah diterapkannya metode peta konsep sebesar 17,78%. Artinya penggunaan metode peta konsep dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang kesehatan lingkungan. Sehubungan dengan itu perlunya guru khususnya yang mengajar Penjaskes di kelas VIII SMP YPI Amir Hamzah Medan agar menerapkan metode peta konsep dalam pembelajaran materi kesehatan lingkungan, sebab pembelajaran dengan menggunakan metode ini merangsang siswa untuk aktif belajar dan menimbulkan rasa percaya diri yang tinggi dalam diri siswa untuk belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Pul m |
Keywords: | metode peta konsep ; lingkungan |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GE Environmental Sciences L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 10 Aug 2016 08:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8642 |