Dinoto, Susilo (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA DENGAN MENGGUNAKAN GAYA MENGAJAR PENEMUAN TERBIMBING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
0510310985 Cover.pdf - Published Version
Download (56kB) | Preview
0510310985 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
0510310985 Kata pengantar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
0510310985 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
0510310985 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
0510310985 BAB I.pdf - Published Version
Download (297kB) | Preview
0510310985 BAB V.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
0510310985 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah diajarkan melalui gaya penemuan terbimbing pada materi passing dengan kaki bagian dalam pada permainan sepak bola di kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012, waktu penelitian dilaksanakan pada bulan Juli 2012. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII terdiri dari 38 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi, yaitu 38 orang siswa (total sampling), yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan pendekatan PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar fortofolio penilaian hasil belajar passing sepak bola.Dari 38 orang siswa yang menjadi subjek dalam penelitian ini, ternyata hanya 6 orang siswa (15,79%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar passing sepak bola, sedangkan selebihnya yaitu 32 orang siswa (84,21%) belum memiliki ketuntasan belajar passing bola. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh hanya mencapai 50,19 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus I, dari 38 orang siswa telah ada 20 orang siswa (52,63%) sudah memiliki ketuntasan belajar, selebihnya 18 orang siswa (47,37%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 69,52 (Tidak Tuntas). Hasil tes siklus II, dari 38 orang siswa, ternyata sudah 33 orang siswa (86,84%) yang sudah memiliki ketuntasan belajar, hanya 5 orang siswa (13,16%) yang belum memiliki ketuntasan belajar. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh telah mencapai 78,29 (Tuntas).Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran dengan gaya mengajar penemuan terbimbing berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar passing bola dalam permainan sepak bola pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Din u |
Keywords: | belajar passing ; gaya mengajar ; penemuan terbimbing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:35 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8639 |