Tornado, Sahat S (2014) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH MELALUI MEDIA RINTANGAN PADA SISWA KELAS XI SMA SWASTA KATOLIK 1 KABANJAHE KABUPATEN KARO TAHUN AJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310196 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
608310196 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (9kB) | Preview
608310196 Abstrak.pdf - Published Version
Download (26kB) | Preview
608310196 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (6kB) | Preview
608310196 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
608310196 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
608310196 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (5kB) | Preview
608310196 BAB I.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
608310196 BAB V.pdf - Published Version
Download (31kB) | Preview
608310196 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan informasi pemanfaatan mediarintangan dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok pada siswa kelas XI SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2013/2014”. Penelitian dilaksanakan tanggal 4 Desember sampai 11 Desember 2013. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Swasta Katolik 1 Kabanjahe Kabupaten Karo Tahun Ajaran 2013/2014 dengan jumlah siswa sebanyak34 orang. Subjek yang dijadikan dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik total sampling yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran melaluimedia rintangan bambu terhadap hasil belajar lompat jauh gaya jongkok. Tes yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes penilaian proses hasil belajar lompat jauh gaya jongkok menggunakan tabel observasi yang disusun dalam instrumen penelitian yang dilihat melalui pengamatan langsung dilapangan dan di evaluasi melalui video slow emotion. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian yang diperoleh nilai rata-rata pada tes awal (pre-test) sebesar 42,1% dalam melakukan proses gerakan lompat jauh gaya jongkok. Pada siklus I setelah diberikan pembelajaran melalui media rintangan bambu maka dilakukan tes untuk mengetahui kemampuan atau hasil belajar siswa . Dari tes didapatkan hasil berupa jumlah siswa yang tuntas sebanyak 13 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 21 nilai rata-rata 63,4% denganpersentase siswa yang mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 38,2%. Siklus II dilaksanakan masih melalui pembelajaran media rintangan bambu akan tetapi pembagian kelompok dibagi hanya menjadi empat kelompok (awalan menggunakan bambu,tolakan menggunakan kardus,melayang menggunakan ban bekas yang i iii digantungkan,mendarat menggunakan ban bekas) agar penggunaan media rintanganbambu lebih optimal. Pada siklus II didapat siswa yang tidak tuntas 7 orang dan siswa yang tuntas sebanyak 27 orang dengan nilai rata-rata 72,4% dengan ketuntasan secara klasikal sebesar 79,4%. Berarti dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tesawal sampai dilakukannya siklus I dan siklus II terjadi peningkatan akan tetapi pembelajaran secara klasikal dikatakan tidak berhasil dikarenakan dikelas tidak tercapai 85% yang telah mencapai persentase penilaian hasil ≥65%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 796.432 071 2 Tor u |
Keywords: | Pendidikan jasmani; Belajar; Prinsip belajar; Hasil belajar; Lompat jauh; Media rintangan. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 30 Aug 2016 06:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8603 |