Sinuraya, Irwansyah (2012) PENERAPAN VARIASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIABOLA YANG DIMODIFIKASI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET PADA SISWA KELAS VII SMP PAB 5 KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266120037 Cover.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
071266120037 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
071266120037 Karta Pengantar.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
071266120037 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
071266120037 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
071266120037 BAB I.pdf - Published Version
Download (279kB) | Preview
071266120037 BAB V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
071266120037 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar passing bola basket melalui penerapan variasi pembelajaran yang menggunakan media bola yang dimodifikasi pada siswa kelas VII SMP PAB 5 Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2012/2013Metode penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Jumlah sampel keseluruhan 32 siswa (total sampling)Dari analisis Data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan variasi pembelajaran, siswa dapat meningkatkan hasil belajarnya pada materi passing bola basket.Dari hasil penelitian yang dilakukan, terlihat bahwa pada siklus I sebesar 67,71%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 86,27%. Hasil belajar menggiring bola basket siswa secara keseluruhan masih mencapai 69,71%. Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil refleksi ternyata membawa peningkatan menjadi 76,37%. Hal ini dikarenakan siswa sudah paham dengan penjelasan yang dijelaskan guru penjas, tentang bagaiman cam untuk passing bola basket yang benar. Namun apabila dilihat dari aspek penilaian yaitu berdiri dengan salah satu kaki didepan, dan badan sedikit dicondongkan kedepan masih lebih renda dari aspek yang lainnya, dan masih ada beberapaorang yang belum tuntas pada siklus I ini. Namun pembelajaran passing bola basket tuntas setelah siklus II, ini dikarenakan pemberian motivasi yang memicu semangat siswa untuk belajar. Sedangkan pada siklus I, siswa belum terbiasa dengan variasi mengajar yang diberikan guru, sehingga siswa perlu beradaptasi dengan variasi belajar yang diberikan oleh guru. Salah satu penyebab ketidak berhasilan mencapai tujuan program pengajaran yang direncanakan pada siklus II ini adalah kurangnya maksimal waktu untuk membimbing masing – masing siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Sin p |
Keywords: | media bola ; modifikasi ; passing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV201 Physical education and training |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 08:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8576 |