Ashary, Donny (2012) UPAYA MEMPERBAIKI TEKNIK GERAKAN KAKI PADA MATERI RENANG GAYA DADA MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA KELAS VII SMP YP. HARAPAN BANGSA TANJUNG MORAWA TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
071266110075 cover.pdf - Published Version
Download (151kB) | Preview
071266110075 Lembar Pengesahan Scan.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
071266110075 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
071266110075 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
071266110075 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
071266110075 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
071266110075 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
071266110075 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (123kB) | Preview
071266110075 BAB I.pdf - Published Version
Download (428kB) | Preview
071266110075 BAB V.pdf - Published Version
Download (758kB) | Preview
071266110075 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (54kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil teknik gerakan kaki melalui pendekatan bermain pada siswa kelas VII1 SMP YP. Harapan Bangsa Tanjung Morawa Kab. Deliserdang Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah siswa kelas VII1 yang menjadi sampel dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang yang akan diberikan tindakan berupa pembelajaran teknik gerakan kaki renang gaya dada melalui pendekatan bermain. Metode yang dipakai pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Untuk memperoleh data dalam penelitian ini dilakukan tes hasil belajar di akhir setiap siklus yang berbentuk aplikasi penilaian teknik dasar . Dengan pelaksanaan penelitian tes hasil belajar ini dilaksanakan selama dua minggu atau dua kali pertemuan. Analisis data dilakukan dengan reduksi data dan paparan data.Hasil penelitian menyimpulkan : (1) dari tes hasil belajar siklus I diperoleh sebanyak 23 orang siswa (57,5%) telah mencapai tingkat ketuntasan belajar sedangkan 17 orang siswa (42,5%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan persentase nilai rata-rata 68.05. Namun belum memenuhi kriteria ketuntasan secara klasikal yang diharapkan yaitu 85%. (2) dari tes hasil belajar siklus II diperoleh data sebanyak 36 orang siswa (90%) yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar dan 4 orang siswa (10%) masih belum tuntas. Dengan persentase nilai rata-rata 80.37. Peningkatan persentase nilai rata-rata hasil belajar siswa dari tes sebelumnya yaitu 12.32 dan peningkatan ketuntasan klasikalnya sebesar 32.5%. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui pembelajaran pendekatan bermain menggunakan alat bantu ban dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar teknik gerakan kaki renang gaya dada pada siswa kelas VII1 SMP YP. Harapan Bangsa Tanjung Morawa kec Morawa Kab. Deliserdang Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Ash u |
Keywords: | gerakan kaki ; gaya dada ; pendekatan bermain |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 16 Aug 2016 02:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8561 |