Tarigan, Mathias Jektinaen (2012) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING ATAS BOLA VOLI MELALUI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANGUN PURBA KABUPATEN DELISERDANG TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
1103151049 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
071266120055 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (3MB) | Preview
071266120055 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
071266120055 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
071266120055 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
071266120055 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
071266120055 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
071266120055 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
071266120055 BAB I.pdf - Published Version
Download (217kB) | Preview
071266120055 BAB V.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
071266120055 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Passing Atas Bola Voli Melalui Penerapan Gaya Mengajar Resiprokal Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bangun Purba Kabupaten Deliserdang T.A 2011/2012. Dari hasil pre-test yang dilakukan diketahui bahwa kemampuan siswa dalam melakukan Passing Atas Bola Voli masih tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara deskriptif. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis statistik deskriptif. Misalnya mencari nilai rerata, presentase keberhasilan belajar, dan lain-lain. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa putera dan puteri kelas VIII6 SMP Negeri 1 Bangun Purba T.A 2011/2012 yang berjumlah 39 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif secara persentase. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Hasil penelitian yang di peroleh nilai rata-rata pada tes awal (pre-test) sebesar 44,7% dalam melakukan gerakan passing atas bola voli. Pada siklus I setela diberikan pembelajaran melalui gaya mengajar resiprokal maka dilakukan tes untuk mengetahui kemampuan atau hasil belajar siswa. Dari tes didapatkan berupa nilai rata-rata 63,9% dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 41,1%. Pada siklus II dilaksanakan masih melalui gaya mengajar resiprokal didapat rata-rata 77,1% dengan ketuntasan klasikal 82,1%. Berarti dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa dari tes awal sampai dilakukan siklus I dan siklus II terjadi peningkatan akan tetapi pembelajaran secara klasikal dikatakan tidak berhasil dikarenakan dikelas tidak tercapai 85% yang telah mencapai persentase penilaian hasil ≥ 75%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Tar u |
Keywords: | resiprokal ; gaya ; mengajar |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV861 Ball games: Baseball, football, golf, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8536 |