Damanik, Heri Oktari (2012) PENERAPAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PUKULAN SMASH DALAM PERMAINAN BULUTANGKIS PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 MEDAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608112143 COVER.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
608112143 PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
608112143 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
608112143 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608112143 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
608112143 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
608112143 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
608112143 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
608112143 BAB I.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
608112143 BAB V.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
608112143 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran media visual terhadap hasil belajar pukulan smashdalam permainan bulu tangkis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013. Dari hasil data awal (pre-test) yang telah dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam melakukan pukulan smash forehandmasih rendah dan hal ini berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dapat dianalisis. Dalam hal ini peneliti menganalisis data dengan mereduksi data dan memaparkan data dalam bentuk tabel, sehingga dapat dicari nilai rata-rata, dan persentase keberhasilan belajar. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-e SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 32 orang, diatarnya adalah 18 orang siswa putera dan14 orang siswa puteri. Hasil penelitian pada Siklus I menunjukkan bahwa hasil belajar pukulan smash forehandyaitu (65,62%) siswa yang tuntas dalam belajarnya, dan (34,38%) siswa yang tidak tuntas belajarnya. Hasil belajar siswa dalam melakukan pukulan smash forehandpada siklus I secara keseluruhan masih mencapai (60,93%). Pada Siklus II menunjukkan bahwa hasil belajar pukulan smash forehandyaitu (87,50%) siswa yang tuntas dalam belajarnya dan (12,50%) siswa yang tidak tuntas dalam belajarnya, dan hasil belajar siswa secara keseluruhan dalam melakukan pukulan smash forehandpada siklus II mencapai (73,96%). Penelitian ini menyimpulkan bahwa Media Visual dapat memberikan kontribusi yang sangat besar dan signifikan terhadap hasil bejar pukulan smash forehanddalam permainan bulu tangkis pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Medan Tahun Ajaran 2012/2013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Dam p |
Keywords: | pukulan ; smash forehand |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:27 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8527 |