Hutapea, Chandra Obrien (2012) OPTIMALISASI PENERAPAN GAYA MENGAJAR RESIPROKAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA BEBAS SISWA KELAS VII SMP BETHANY MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.
061266110096 COVER.pdf - Published Version
Download (97kB) | Preview
061266110096 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
061266110096 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
061266110096 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
061266110096 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
061266110096 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
061266110096 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
061266110096 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
061266110096 BAB I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
061266110096 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
061266110096 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan informasi seberapa besar peningkatan hasil belajar renang gaya bebas dengan mengoptimalisasi gaya mengajar resiprokal pada siswa kelas VII SMP Bethany Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Untuk mengetahui hasil belajar renang gaya bebas dilakukan tes pendahuluan hasil belajar dalam bentuk fortofolio, yang dilanjutkan dengan pembelajaran melalui penerapan gaya mengajar resiprokal dengan melalukan pembelajaran renang gaya bebas. Maka diadakan tes hasil belajar pada siklus I dan dilanjutkan pada siklus II yang tertuang dalam pelaksanaan renang gaya bebas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa putera dan puteri kelas VII SMP Bethany Medan Tahun Ajaran 2011/2012 yang berjumlah 30 orang. Untuk mengumpulkan data menggunakan lembar pengamatan, yang selanjutnya dianalisis dengan cara deskriptif secara persentase. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa belajar renang gaya bebas yang dilakukan pada tes pendahuluan sebesar 46,67%, kemudian meningkat pada pelaksanaan di Siklus I mencapai 62,25%. Kemudian pada siklus II berdasarkan hasil refleksi ternyata membawa peningkatan menjadi 70,25%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa gaya mengajar resiprokal dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar renang gaya bebas pada siswa kelas VII SMP Bethany Medan Tahun Ajaran 2011/2012
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Hut o |
Keywords: | optimalisasi ; resiprokal ; belajar ; gaya bebas |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports > GV770 Water sports: Canoeing, sailing, yachting, scuba diving, etc. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8525 |