Putra, Abdul Hadi (2012) OPTIMALISASI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PASSING BAWAH BOLA BOLI PADA SISWA KELAS VII SMP DR. WAHIDIN SUDIROHUSODO KECAMATAN MEDAN LABUHAN TAHUN AJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.
608310002 COVER.pdf - Published Version
Download (51kB) | Preview
608310002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
608310002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
608310002 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (77kB) | Preview
608310002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
608310002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608310002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
608310002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
608310002 BAB I.pdf - Published Version
Download (96kB) | Preview
608310002 BAB V.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan proses Pembelajaran Passing Bawah Bola Voli Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VII SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Medan Labuhan Tahun Ajaran 2012/2013. Subjek disini adalah siswa kelas VII-C yang berjumlah 38 orang, Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Tes Hasil Belajar pada tes awal, lalu dilakukan pembelajaran Passing Bawah Bola Voli dengan menggunakan penerapan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya yang dilakukan pada Tes Hasil Belajar I dan Tes Hasil Belajar II yang berbentuk tes Passing Bawah Bola Voli dengan menggunakan bola voli yang sebenarnya.Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : Dari tes hasil belajar sebelum menggunakan Penerapan Metode pembelajaran Tutor Sebaya (pre test) di peroleh 13 siswa (34,21%) yang telah mencapai ketuntasan belajar, sedangkan 25 siswa (65,79,%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata 63,355%. Kemudian dilakukan pembelajaran dengan menggunakan Penerapan Metode pembelajaran Tutor Sebaya siklus I. Dari test hasil belajar Siklus I Passing Bawah Bola Voli dengan Penerapan Metode pembelajaran Tutor Sebaya pada siklus 1 diperoleh 20 siswa (52,63%) yang telah mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 18 siswa (47,37%) belum mencapai tingkat ketuntasan belajar. Dengan nilai rata – rata 67,305. Kemudian dilakukan kembali pembelajaran Passing Bawah Bola Voli dengan Penerapan Metode pembelajaran Tutor Sebaya . Dari tes hasil belajar yang dilakukan pada siklus II diperoleh 33 siswa dengan (86,84%) yang mencapai tingkat ketuntasan belajar, sedangkan 5 siswa (13,16%) belum mencapai tingkat ketuntas dalam belajar, dengan nilai rata – rata 77,608. Dalam hal ini dapat dilihat bahwa terjadi peningkatan nilai rata – rata hasil belajar siklus I dan siklus II yaitu 10,3. Sehingga terjadi peningkatan antara siklus I dan siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dapat dikatakan bahwa melalui Penerapan Metode pembelajaran Tutor Sebaya dapat meningkatkan hasil belajar Passing Bawah Bola Voli pada siswa Kelas VII SMP Dr. Wahidin Sudirohusodo Kecamatan Medan Labuhan Tahun Ajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 790.071 Put o |
Keywords: | metode pembelajaran tutor sebaya ; passing |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV557 Sports |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi |
Depositing User: | Unnamed user with email ibelkhan@gmail.com |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 09:57 |
Last Modified: | 11 Aug 2016 03:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8515 |