Zega, Sherlin Julinda (2016) ANALISIS DAN PENGEMBANGAN PENUNTUN PRAKTIKUM KIMIA SMA KELAS XI PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122131020 COVER.pdf.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 4122131020 APPROVAL SHEET.pdf.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
3. NIM. 4122131020 ABSTRACT.pdf.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM. 4122131020 PREFACE.pdf.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM. 4122131020 TABLE OF CONTENT.pdf.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4122131020 TABLES.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4122131020 ILLUSTRATION.pdf.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4122131020 APPENDICES.pdf.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. NIM. 4122131020 CHAPTER I.pdf.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM. 4122131020 CHAPTER V.pdf.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
14. NIM. 4122131020 BIBLIOGRAPHY.pdf.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Tujuan umum penelitian ini adalah untuk memperoleh penuntun praktikum yang standar untuk siswa kelas XI SMA/MA semester II pada materi hidrolisis garam. Populasi dalam penelitian ini adalah penuntun praaktikum kimia SMA yang beredar disekolah, seluruh guru kimia di SMA Negeri 1 Berastagi, seluruh dosen kimia di Universitas Negeri Medan dan seluruh siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Berastagi. Sampel penelitian diambil secara purposive sampling. Penelitian ini bersifat deskriptif dan pengembangan eksperimen (development and research). Langkah penelitian meliputi : a) Analisis penuntun praktikum yang dipergunakan dikelas XI semester II; b) Pengembangan penuntun praktikum untuk materi hidrolisis garam; c) Validasi penuntun praktikum oleh dosen, guru dan siswa; d) Uji coba penggunaan penuntun praktikum dalam pembelajaran untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan untuk siswa kelas XI SMA semester II pada materi hidrolisis garam telah layak/standar sesuai dengan BSNP. Penuntun praktikum untuk materi hidrolisis garam terdiri dari percobaan menentukan beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air, membedakan sifat garam yang terhidrolisis dan menentukan pH larutan. Standarisasi penuntun praktikum yang dilakukan oleh guru dan dosen memberikan respon yang positif terhadap penuntun praktikum yang telah dikembangkan yang terdiri dari 3 komponen yaitu kelayakan isi, kelayakan bahasa, dan kelayakan penyajian dengan nilai rata-rata dari dosen sebesar 3,53 adalah valid dan tidak perlu direvisi dan nilai rata-rata dari guru sebesar 3,67 adalah valid dan tidak perlu direvisi. Uji coba dilakukan pada percobaan menentukan jenis garam yang terhidrolisis dan membedakan sifat garam yang terhidrolisis. Hasil uji coba menunjukkan bahwa implementasi penuntun praktikum yang telah dikembangkan memberikan hasil pemahaman siswa pada SMA Negeri 1 Berastagi sangat tinggi pada percobaan hidrolisis garam dengan nilai pretest sebesar 38,438 sedangkan untuk postest sebesar 85,625. Itu menunjukkan bahwa penuntun praktikum yang telah dikembangkan baik dan layak digunakan untuk pembelajaran kimia di SMA/MA.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 026 |
Keywords: | Analisis Dan Pengembangan; Penuntun Praktikum Kimia; Hidrolisis Garam |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 07:12 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 07:12 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8471 |