IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM

Aulia, Indriati (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM. 4121131007 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM. 4121131007 COVER.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 4121131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 4121131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM. 4121131007 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3 NIM. 4121131007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM. 4121131007 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM. 4121131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM. 4121131007 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM. 4121131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM. 4121131007 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
6 NIM. 4121131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM. 4121131007 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
7 NIM. 4121131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM. 4121311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8 NIM. 4121311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[thumbnail of 9 NIM. 4121131007 BAB 1.pdf]
Preview
Text
9 NIM. 4121131007 BAB 1.pdf - Published Version

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM. 4121131007 BAB 5.pdf]
Preview
Text
13 NIM. 4121131007 BAB 5.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 14 NIM. 4121131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14 NIM. 4121131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar,
mengetahui perkembangan karakter siswa, mengetahui persen peningkatan hasil
belajar siswa, dan hubungan antara karakter dengan hasil belajar. Penelitian
dilakukan terhadap siswa kelas XI SMAN 9 Medan. Populasi yakni seluruh siswa
kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan purposif
sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan
data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal
dan reliabel (0.838). Sedangkan, data untuk karakter rasa ingin tahu, kerjasama
dan tanggung jawab siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah
valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model
pembelajaran PBL terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia
Flash, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 6, 192 dengan Ftabel
=3,265. Untuk media yang lebih baik adalah PBL terintegrasi Macromedia Flash
dibandingkan ketiga media lainnya yakni Macromedia Flash > Powerpoint > Peta
Konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 76,667 > 72,33 > 71,17.
Implemetasi model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi media Peta
Konsep, Powerpoint, dan Macromedia Flash dapat menumbuhkembangkan
karakter dalam materi hidrolisis garam, maka didapat hubungan antara karakter
dengan hasil belajar yakni model PBL terintegrasi Peta Konsep = 13,55%,
Powerpoint = 20,88%, Macromedia Flash = 17,89%, sisanya dipengaruhi variabel
yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil belajar kimia
menggunakan model PBL terintegrasi media serta adanya hubungan antara
karakter dengan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2016 KIM 084
Keywords: Peta Konsep, Powerpoint; Macromedia Flash, Problem Based Learning; Hasil Belajar
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 09 Aug 2016 03:38
Last Modified: 09 Aug 2016 03:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8453

Actions (login required)

View Item
View Item