Aulia, Indriati (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING ( PBL) TERINTEGRASI MEDIA PADA HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA DALAM MATERI HIDROLISIS GARAM. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4121131007 COVER.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
2 NIM 4121131007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3 NIM. 4121131007 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
4 NIM. 4121131007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5 NIM. 4121131007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6 NIM. 4121131007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
7 NIM. 4121131007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8 NIM. 4121311007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
9 NIM. 4121131007 BAB 1.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
13 NIM. 4121131007 BAB 5.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
14 NIM. 4121131007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (159kB) | Preview
Abstract
Hasil penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar,
mengetahui perkembangan karakter siswa, mengetahui persen peningkatan hasil
belajar siswa, dan hubungan antara karakter dengan hasil belajar. Penelitian
dilakukan terhadap siswa kelas XI SMAN 9 Medan. Populasi yakni seluruh siswa
kelas XI IPA yang terdiri dari 4 (empat) kelas. Sampel ditetapkan dengan purposif
sampling yakni mengambil 3 kelas yang dijadikan kelas eksperimen. Pengambilan
data untuk hasil belajar siswa diperoleh instrumen yang valid sebanyak 20 soal
dan reliabel (0.838). Sedangkan, data untuk karakter rasa ingin tahu, kerjasama
dan tanggung jawab siswa diperoleh menggunakan data instrumen yang telah
valid. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan hasil belajar siswa pada model
pembelajaran PBL terintegrasi media Peta Konsep, Powerpoint dan Macromedia
Flash, data yang diperoleh : Fhitung > Ftabel yakni Fhitung = 6, 192 dengan Ftabel
=3,265. Untuk media yang lebih baik adalah PBL terintegrasi Macromedia Flash
dibandingkan ketiga media lainnya yakni Macromedia Flash > Powerpoint > Peta
Konsep dengan rata-rata nilai yang diperoleh : 76,667 > 72,33 > 71,17.
Implemetasi model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi media Peta
Konsep, Powerpoint, dan Macromedia Flash dapat menumbuhkembangkan
karakter dalam materi hidrolisis garam, maka didapat hubungan antara karakter
dengan hasil belajar yakni model PBL terintegrasi Peta Konsep = 13,55%,
Powerpoint = 20,88%, Macromedia Flash = 17,89%, sisanya dipengaruhi variabel
yang lain. Kesimpulan dari penelitian ; ada perbedaan hasil belajar kimia
menggunakan model PBL terintegrasi media serta adanya hubungan antara
karakter dengan hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 084 |
Keywords: | Peta Konsep, Powerpoint; Macromedia Flash, Problem Based Learning; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QD Chemistry Q Science > QD Chemistry > QD415 Biochemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 03:38 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 03:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8453 |