Darmawan, Aria (2016) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAMI PADA POKOK BAHASAN MINYAK BUMI UNTUK SISWA SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123131006 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4123131006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
3. NIM. 4123131006 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
4. NIM. 4123131006 PREFACE.pdf - Published Version
Download (249kB) | Preview
5. NIM. 4123131006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (147kB) | Preview
6. NIM. 4123131006 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
7. NIM. 4123131006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
8. NIM. 4123131006 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
9. NIM. 4123131006 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (472kB) | Preview
13. NIM. 4123131006 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
14. NIM. 4123131006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) memperoleh produk modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai islami pada pokok bahasan minyak bumi, (2) mengetahui apakah terdapat nilai-nilai islam dalam materi ajar pada buku kimia SMA, (3) mengetahui bagaimanakah kualitas modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai islam pada pokok bahasan minyak bumi berdasarkan BSNP, (4) mengetahui bagaimanakah respon guru, mahasiswa, siswa terhadap modul kimia SMA terintegrasi nilai-nilai islam pada pokok bahasan minyak bumi. Metode yang digunakan adalah research and development (R and D), melalui tahapan analisis, tahap rancangan dan tahap pengembangan. Tahap analisis dimulai penentuan buku kimia yang dipergunakan di sekolah. Buku diidentifikasi oleh peneliti untuk melihat apakah terdapat nilai-nilai islami dalam buku. Selanjutnya tahap rancangan modul kimia dengan mengintegrasikan nilai-nilai islami. Tahap pengembangan dimulai dengan menguji kelayakan modul kimia dengan instrumen angket BSNP oleh 3 orang dosen Kimia UNIMED dan 3 orang guru kimia mendapatkan skor 3,51 yang berarti valid dan tidak perlu direvisi. Rancangan modul kimia hasil pengembangan dibagikan kepada 3 guru kimia, 15 mahasiswa, dan 16 siswa untuk meminta pandangan terhadap modul kimia dengan menggunakan angket yang telah disediakan oleh peneliti dan mendapat skor 3,55 yang berarti mendapat respon positif. Dari hasil penilaian diperoleh nilai yang valid yang berarti modul kimia layak untuk digunakan dan mendapat tanggapan yang positif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 095 |
Keywords: | Modul Pembelajaran; Nilai-Nilai Islami; BSNP |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 02:55 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 02:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8443 |