Fahmi, Muhammad Dini Eka (2016) PENGARUH MEDIA VIRTUAL LAB BERBASIS CROCODILE CHEMISTRY PADA MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA SMA PADA POKOK BAHASAN TITRASI ASAM BASA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123131053 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM 4123131053 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (308kB) | Preview
3.NIM 4123131053 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
4.NIM 4123131053 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 4123131053 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. NIM 4123131053 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
7. NIM 4123131053 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
8. NIM 4123131053 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (186kB) | Preview
9. NIM 4123131053 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
10. NIM 4123131053 BAB I.pdf - Published Version
Download (387kB) | Preview
14.NIM. 41213131053 BAB V.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
15. NIM 4123131053 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media virtual lab crocodile chemistry pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan titrasi asam basa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Delitua pada kelas XI-IPA dengan populasi sebanyak 5 kelas paralel. Sampel kelas ditentukan dengan tehnik simple random sampling dan diperoleh 2 kelas yaitu kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL media virtual lab crocodile chemistry, dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini menggunakan instrumen tes objektif sebanyak 18 soal yang diuji validitasnya, realiabilitas, tingkat kesukaran dan daya beda. Hasil uji t-tes pihak kanan untuk hipotesis diperoleh thitung>ttabel (3,428 > 1,697). Hal ini menunujukkan adanya pengaruh yang signifikan penggunaan media virtual lab berbasis crocodile chemistry pada model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar kimia pada pokok bahasan titrasi asam basa. Sementara itu, hasil uji gain diperoleh bahwa peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol, dengan rata-rata gain kelas eksperimen sebesar 73,33 % dan rata-rata gain kelas kontrol sebesar 62 %. Dengan demikian penggunaan media virtual lab crocodile chemistry pada pembelajaran model PBL lebih baik dibandingkan pembelajaran hanya dengan model PBL.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 KIM 051 |
Keywords: | Media Virtual Crocodile Chemistry; Model PBL; Hasil Belajar, Gain |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 09 Aug 2016 01:48 |
Last Modified: | 09 Aug 2016 01:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8430 |