Maurisa, Annisa Maulida (2016) HUBUNGAN KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP DENGAN HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS XI MIA PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI MANUSIA DI SMA NEGERI 1 LABUHAN DELI TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341005_COVER.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
2. NIM. 4123341005_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
3. NIM. 4123341005_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
4. NIM. 4123341005_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 4123341005_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM. 4123341005_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM. 4123341005_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4123341005_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 4123341005_BAB I.pdf - Published Version
Download (220kB) | Preview
13. NIM. 4123341005_BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14. NIM. 4123341005_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Hubungan kemampuan membuat peta konsep dengan hasil belajar siswa di kelas
XI MIA pada materi pokok sistem ekskresi manusia di SMA Negeri 1 Labuhan
Deli Tp. 2015/2016 dijelaskan dalam skripsi ini. Penelitian dilakukan terhadap
siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Labuhan Deli dengan membuat ringkasan
materi menggunakan peta konsep dan melihat hasil tes siswa sebagai hasil
korelasinya. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis ada beberapa hal yang
menjadi temuan dalam penelitian ini yakni; rata-rata kemampuan membuat peta
konsep siswa adalah 76,03, sedangkan hasil belajar siswa pada materi pokok sistem
ekskresi manusia memiliki rata-rata 75,67. Hasil uji hipotesis thitung > ttabel (9,918 >
2,04), dengan demikian maka hipotesis (Ha) dalam penelitian ini diterima sekaligus
menolak Ho dengan kata lain ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan
membuat peta konsep dengan hasil belajar siswa. Berdasarkan uji koefisien
determinasi didapatkan kontribusi peta konsep sebesar 76,04%. Dengan melihat
keberhasilan membuat ringkasan materi dengan menggunakan peta konsep dalam
pengajaran sistem ekskresi manusia, maka perlu dipikirkan untuk aplikasi strategi
peta konsep ini dalam pengajaran materi biologi lain atau untuk pengajaran materi
pelajaran bidang studi lain di luar mata pelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 072 |
Keywords: | Kemampuan; Membuat Peta Konsep; Hasil Belajar;Sistem Ekskresi Manusia. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH471 Reproduction |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 07:17 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 07:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8413 |