Nasution, Eka Rizki Ananda (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DAN SCRAMBLE PADA MATERI POKOK SISTEM EKSKRESI PADA MANUSIA DI KELAS XI IPA MAN 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141005 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 4122141005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
3. NIM. 4122141005 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (319kB) | Preview
4. NIM 4122141005 PREFACE.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
5. NIM. 4122141005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
6. NIM 4122141005 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
7. NIM. 4122141005 TABLES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 4122141005 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4122141005 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (441kB) | Preview
13. NIM. 4122141005 CHATER V.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
14. NIM. 4122141005 BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbandingan Hasil Belajar
Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match
dan Scramble pada Materi Pokok Sistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA
MAN 1 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan pada
bulan Maret – Mei 2016. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen yang
dilakukan kepada siswa kelas XI IPA MAN 1 Medan dengan melakukan
pengajaran menggunakan model pembelajaran Make A Match pada kelas
Eksperimen I dan model pembelajaran Scramble pada kelas Eksperimen II. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa pengajaran menggunakan model pembelajaran
Make A Match dan Scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap
materi sistem ekskresi pada manusia. Untuk secara keseluruhan model
pembelajaran Make A Match memiliki hasil yang lebih baik ( ̅1 ± SD1 = 87,56 ±
6,03) dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran Scramble ( ̅2 ±
SD2 = 83,87 ± 7,720). Dari hasil rata-rata postes yang didapat pada kelas
Eksperimen I (87,56) dan kelas eksperimen II (83,87) dapat dilihat bahwa hasil
rata-rata pembelajaran menggunakan model Make A Match dan Scramble sudah
mencapai nilai KKM (83). Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung = 2,427
sedangkan dari daftar distribusi t dengan dk = 79 dan taraf signifikasi 5% (α =
0,05) diperoleh harga ttabel = 1,993 melalui interpolasi sehingga thitung > ttabel maka
Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ada
Perbedaan yang Signifikan Antara Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model
Pembelajaran Make A Match dengan Model Pembelajaran Scramble pada Materi
Pokok Sistem Ekskresi pada Manusia di Kelas XI IPA MAN 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 081 |
Keywords: | Hasil Belajar; Kooperatif; Make A Match; Scramble; Sistem Ekskresi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 04:29 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 04:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8404 |