Ramadhani, Annisa (2016) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DENGAN SNOWBALL THROWING PADA SUB MATERI INVERTEBRATA DI KELAS X SMA SWASTA AL HIDAYAH MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123341006_COVER.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. NIM. 4123341006_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
3. NIM. 4123341006_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
4. NIM. 4123341006_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
5. NIM. 4123341006_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
6. NIM. 4123341006_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM. 4123341006_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM. 4123341006_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4123341006_BAB I.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
13. NIM. 4123341006_BAB V.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
14. NIM. 4123341006_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (196kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan Snowball Throwing pada sub materi Invertebrata di kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan tahun pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan terdiri atas 3 kelas yang berjumlah 105 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster random sampling, dimana diambil dua kelas yaitu X-1 yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match sedangkan kelas X-3 diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes objektif berjumlah 30 soal. Berdasarkan hasil uji persyaratan analisis data kedua kelas, sampel dinyatakan berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match memperoleh rata-rata sebesar 76,5, artinya lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing yang memperoleh rata-rata sebesar 66. Adanya perbedaan tersebut juga terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05, dimana thitung > ttabel (6,54 < 1,66) yang berarti pada penelitian ini Ha diterima dan Ho ditolak, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif Make A Match dengan model pembelajaran kooperatif tipe Snowball Throwing pada sub materi Invertebrata di kelas X SMA Swasta Al-Hidayah Medan tahun pembelajaran 2015/2016 dengan perbandingan 1,1 : 1,0.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 062 |
Keywords: | Hasil Belajar; Make A Match; Snowball Throwing. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 08 Aug 2016 02:37 |
Last Modified: | 08 Aug 2016 02:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8382 |