Adriani, Silvia (2016) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM INDRA MANUSIA (PENGLIHATAN, PENDENGARAN DAN PENGECAP) DI KELAS XI IPA MAN 1 STABAT TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4122141017 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4122141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 4122141017 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
4. NIM. 4122141017 PREFACE.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. NIM. 4122141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM. 4122141017 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 4122141017 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 4122141017 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 4122141017 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
13. NIM. 4122141017 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
14. NIM. 4122141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan belajar siswa dari
pengamatan percobaan indra manusia, aspek kognitif dan indikator pembelajaran
serta faktor penyebab kesulitan belajar siswa di kelas XI IPA MAN 1 Stabat
Tahun Pembelajaran 2015/2016. Desain penelitian yang digunakan yaitu
deskriptif kuantitatif. Sampel diambil secara total sampling dengan jumlah 71
siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes pengamatan, tes
diagnostik dan angket. Hasil penelitian menunjukkan persentase kesulitan belajar
siswa dari yang tertinggi sampai terendah pada aspek kognitif yaitu C5, C6, C3,
C4, C2 dan C1 sebesar 70,43%, 53,06%, 51,17%, 47,09%, 44,72%, dan 34,51%.
Persentase kesulitan belajar siswa berdasarkan indikator pada materi sistem indra
manusia yaitu indikator (1) sebesar 65,26% dengan kategori sangat tinggi,
indikator (2) sebesar 45,54% dengan kategori tinggi, indikator (3) sebesar 43,98%
dengan kategori tinggi dan indikator (4) sebesar 53,93% dengan kategori sangat
tinggi. Faktor internal dan eksternal penyebab kesulitan belajar dari persentase
kesulitan belajar tertinggi sampai terendah adalah materi pelajaran (61,40%),
lingkungan sekolah (61,26%), media pembelajaran (54,66%), inteligensi
(45,07%), motivasi (43,48%), orang tua (42,69%), lingkungan sekitar (41,81%),
psikiatik (41,19%), guru (41,10%), minat (39,17%) dan kesehatan (38,99%).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 079 |
Keywords: | Kesulitan Belajar; Aspek Kognitif; Indikator Pembelajaran; Sistem Indra Manusia |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 08:42 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 09:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8370 |