Bako, Tuti Wardani (2016) INOVASI PEMBELAJARAN MELALUI KOMBINASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPESTAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) DENGAN SNOWBALL THROWING DALAM MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERISISTEMINDERA MANUSIA DI KELAS XI IPA SMANEGERI 1 PANCUR BATUT.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141095 COVER.docx - Published Version
Download (21kB)
2. NIM. 4123141095 APPROVAL SHEET.docx - Published Version
Download (377kB)
3. NIM. 4123141095 ABSTRACT.docx - Published Version
Download (23kB)
4. NIM. 4123141095 PREFACE.docx - Published Version
Download (25kB)
5. NIM. 4123141095 TABLE OF CONTENT.docx - Published Version
Download (24kB)
6. NIM. 4123141095 ILLUSTRATION.docx - Published Version
Download (18kB)
7. NIM. 4123141095 TABLES.docx - Published Version
Download (21kB)
8. NIM. 4123141095 APPENDICES.docx - Published Version
Download (21kB)
9. NIM. 4123141095 CHAPTER I.docx - Published Version
Download (34kB)
13. NIM. 4123141095 CHAPTER V.docx - Published Version
Download (25kB)
14. NIM. 4123141095 BIBLIOGRAPHY.docx - Published Version
Download (32kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dan aktivitas siswa materi sistem indera pada manusia melalui kombinasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan Snowball Throwing di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pancur Batu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan dua siklus penelitian dimana pengamatan dilakukan terhadap 31 orang siswa. Adapun yang menjadi indikator keberhasilan penelitian meliputi : persentase aktivitas belajar siswa. persentase peningkatan hasil belajar siswa, persentase penguasaan serta persentase ketuntasan belajar siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes kognitif dan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar siswa memperoleh respon yang baik dan mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 45,16% menjadi 83,87% pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Pada siklus I menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata sebesar 65,38 dan pada siklus II, hasil belajar siswa lebih meningkat dengan nilai rata-rata sebesar 79,70. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,90%. Tingkat penguasaan siswa dengan kategori tinggi pada siklus I sebesar 6,45% meningkat menjadi 45,17% pada siklus II. Tingkat ketuntasan siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 58,06%. sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,09%. Nilai ini menunjukkan bahwa pada siklus II telah memenuhi kriteria ketuntasan belajar secara klasikal, sehingga dapat disimpulkan bahwa kelas XI IPA 3 telah tuntas belajar secara klasikal. Dari pernyataan diatas bahwa penelitian ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 110 |
Keywords: | STAD; Snowball Throwing; Aktivitas Belajar; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 06:37 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 06:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8360 |