Hasugian, Hermanti (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SPERMATOPHYTA SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MEDIA HERBARIUM DAN TANPA HERBARIUM DI KELAS X SMA NEGERI 2 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM 4122141007 COVER.doc - Published Version
Download (70kB)
2 NIM 4122141007 LEMBAR PENGESAHAN.doc - Published Version
Download (667kB)
3 NIM 4122141007 ABSTRAK.doc - Published Version
Download (36kB)
4 NIM 4122141007 KATA PENGANTAR.doc - Published Version
Download (34kB)
5 NIM 4122141007 DAFTAR ISI.docx - Published Version
Download (27kB)
6 NIM 4122141007 DAFTAR GAMBAR.docx - Published Version
Download (20kB)
7 NIM 4122141007 DAFTAR TABEL.docx - Published Version
Download (19kB)
8 NIM 4122141007 DAFTAR LAMPIRAN.docx - Published Version
Download (19kB)
9 NIM 4122141007 BAB I.docx - Published Version
Download (22kB)
13 NIM 4122141007 BAB V.doc - Published Version
Download (29kB)
14 NIM 4122141007 DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version
Download (22kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa
yang diajar menggunakan media herbarium dan tanpa herbarium di kelas X
SMA Negeri 2 Kisaran T.A 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian
quasi experimental dengan populasi seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2
Kisaran T.A. 2015/2016. Tehnik pengambilan sampel ditentukan secara
purposive, dengan mengambil kelas X-2 sebagai kelas eksperimen sebanyak 42
siswa yang diajar dengan menggunakan media herbarium dan kelas X-1 sebagai
kelas kontrol sebanyak 42 siswa yang diajar dengan tidak menggunakan media
herbarium. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa
adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 30 soal.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 33,78 dan
nilai rata-rata pretes kelas kontrol 36,09. Pada pengujian normalitas untuk pretes
pada kelas eksperimen diperoleh Lhitung = 0,02759 dan Ltabel = 0,13671, untuk
kelas kontrol dengan Lhitung = 0,126919 dan Ltabel = 0,13671 karena Lhitung <
Ltabel, maka data kedua kelas berdistribusi normal. Dari hasil uji beda nilai kedua
kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 1,21 dan ttabel = 1,84
karena thitung < ttabel maka Ho diterima, maka dapat disimpulkan bahwa kedua
kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Kemudian diberikan perlakuan
yang berbeda, kelas eksperimen dengan menggunakan media herbarium dan
kelas kontrol dengan tidak menggunakan media herbarium. Nilai rata-rata postes
kelas eksperimen 78,94 dan kelas kontrol 67,46. Dengan demikian, dapat
disimpulkan ada perbedaan rata- rata hasil belajar Biologi siswa pada media
herbarium dengan tidak menggunakan media herbarium pada materi
spermatophyta SMA Negeri 2 Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 089 |
Keywords: | Herbarium; Spermatophyta; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 04:14 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 04:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8358 |