Martina (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO KULTUR JARINGAN DAN MEDIA GAMBAR PADA MATERI TOTIPOTENSI DAN KULTUR JARINGAN DI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 BATANG KUIS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4123141059 COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM 4123141059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
3. NIM 4123141059 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (305kB) | Preview
4. NIM 4123141059 PREFACE.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5. NIM 4123141059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
6. NIM 4123141059 TABLES.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
7. NIM 4123141059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 4123141059 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
9. NIM 4123141059 CHAPTER 1.pdf - Published Version
Download (258kB) | Preview
13. NIM 4123141059 CHAPTER 5.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
14. NIM 4123141059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang deiajar dengan menggunakan media video kultur jaringan dan media gambar pada materi totipotensi dan kultur jaringan di kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang ada di SMA 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 4 kelas. Sampel diambil dengan metode purposive sampling. Sampel yang digunakan adalah dua kelas yaitu untuk kelas kontrol dengan jumlah siswa 32 orang dan kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang. Intrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah soal dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang telah divalidkan terlebih dahulu. Hasil analisis data menunjukkan pretest kelas eksperimen (40,15 ± 12,54) dan pretest kelas kontrol (38,8 ± 11,34). Setelah dilakukan uji –t dengan taraf signifikansi α = 0,05, maka diperoleh thit = 0,46 < 2, sehingga tidak ada perbedaan signifikan kemampuan awal kedua kelas tersebut. Sedangkan posttest kelas eksperiment (76,56 ± 8,56) dan posttest kelas kontrol (69,38 ± 9,65). Setelah dilakukan uji –t diperoleh thit = 4,47 > 1,669. Uji hipotesis penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan media video belajar kultur jaringan jika dibandingkan dengan menggunakan media gambar pada materi totipotensi dan kultur jaringan di Kelas XI IPA SMA N 1 Batang Kuis Tahun Pelajaran 2015/2016.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 113 |
Keywords: | Media, Media Video Kultur Jaringan; Populasi; Analisis Statistik |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH359 Evolution |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:21 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8350 |