Sinuraya, Septa Sopiana (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA SUB MATERISISTEM INDERA PADA MANUSIADI KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P. 2015 / 2016. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4123141088_COVER.docx - Published Version
Download (21kB)
2. NIM. 4123141088_LEMBAR PENGESAHAN.docx - Published Version
Download (578kB)
3. NIM. 4123141088_ABSTRAK.docx - Published Version
Download (18kB)
4. NIM. 4123141088_KATA PENGANTAR.docx - Published Version
Download (17kB)
5. NIM. 4123141088_DAFTAR ISI.docx - Published Version
Download (24kB)
6. NIM. 4123141088_DAFTAR GAMBAR.docx - Published Version
Download (15kB)
7. NIM. 4123141088_DAFTAR TABEL.docx - Published Version
Download (15kB)
8. NIM. 4123141088_DAFTAR LAMPIRAN.docx - Published Version
Download (15kB)
9. NIM. 4123141088_BAB I.docx - Published Version
Download (23kB)
13. NIM. 4123141088_BAB V.docx - Published Version
Download (22kB)
14. NIM. 4123141088_DAFTAR PUSTAKA.docx - Published Version
Download (22kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan penerapan model
pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament pada sub materi sistem indera
pada manusia. Jenis penelitian ini adalah eksperimen kuasi (eksperimen semu).
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1
Pancur Batu yang terdiri dari 5 kelas. Dan pengambilan sampel dilakukan dengan
cara cluster random sampling. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI
IPA4 sebanyak 35 orang. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata hasil
belajar pretes sebesar 38,28 dengan SD 10,49 dan nilai rata-rata postes sebesar
80,14 dengan SD 8,18. Berdasarkan hasil analisis data, efektivitas dapat
digambarkan dengan ketuntasan belajar secara individual sebanyak 30 orang
tuntas (85,7%) dan 5 orang tidak tuntas (14,28%) dan secara klasikal sebesar
85,71% serta ketercapaian indikator dari 6 indikator telah tercapai 5 indikator atau
83,3%. Penelitian ini juga menunjukkan aktivitas siswa yang tergolong aktif.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Games
Tournament pada sub materi sistem indera pada manusia di kelas XI IPA SMA
Negeri 1 Pancur Batu T.P.2015/2016 adalah efektif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2016 BIO 077 |
Keywords: | Teams Games Tournament; Efektivitas; Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH573 Cytology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 05 Aug 2016 03:12 |
Last Modified: | 05 Aug 2016 03:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/8346 |